Puluhan Juta Beasiswa Diserahkan Kepada Calon Siswa yang Lolos Seleksi PPDB Jalur Prestasi Tahun 2023/2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KOTA PEKALONGAN – Pekalongan. MAN 1 Kota Pekalongan memberikan beasiswa puluhan juta bagi calon peserta didik berprestasi melalui program PPDB jalur prestasi tahun pelajaran 2023/2024. PPDB adalah proses seleksi atau penerimaan siswa baru yang dilakukan oleh sekolah untuk mengisi kekosongan atau meningkatkan kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh sekolah. Proses PPDB dilakukan setiap tahun pada awal tahun ajaran baru. Pada tahap awal MAN 1 Kota Pekalongan membuka program seleksi jalur prestasi, tujuannya adalah menjaring calon siswa yang memiliki kemampuan khusus. Sebagai kompensasinya madrasah memberikan beasiswa bagi calon siswa yang dinyatakan telah memenuhi syarat. (Rabu, 22 Maret 2023).

PPDB jalur prestasi telah dilaksanakan secara bertahap. Tanggal 1-15 Maret 2023 adalah tahap pendaftaran yang dilaksanakan secara Online dan Offline. Dilanjutkan pada tanggal 16 Maret 2023 digelar tes seleksi wawancara dan BTQ kemudian dilanjutkan pada tanggal 20 Maret 2023 tes susulan. Sementara itu pada tanggal 21 adalah waktu pengumuman seleksi yang dilaksanakan secara Online melalui website Madrasah.

Data menunjukkan 179 calon siswa yang telah mendaftar jalur prestasi yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah baik jenjang SMP /Mts negeri dan Swasta. Siswa yang diterima melalui jalur ini adalah 162 siswa. Setelah dilakukan audit terhadap berkas yang diserahkan kepada panitia kemudian panitia memutuskan sebanyak 21 siswa yang berhak mendapat beasiswa sesuai dengan bukti kelengkapan dokumen yang sah.

Berdasarkan surat keputusan Kepala Madrasah No.190/Ma.11.34.01/PP.00.6/02/2023 tentang petunjuk teknis penerimaan peserta didik baru jalur prestasi telah menjelaskan berbagai syarat yang harus di penuhi oleh calon peserta, salah satunya adalah merupakan siswa yang memiliki sertifikat kejuaraan/lomba minimal juara 3 pada jenjang kompetisi tingkat kota/kabupaten yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah seperti POPDA pada ajang kompetisi olahraga dan OSN/KSM pada ajang kompetisi sains dan jenis jenjang lomba yang diselenggarakan oleh pemerintah.

“Melalui program ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi calon peserta didik berprestasi untuk belajar di MAN 1 Kota Pekalongan dan tahap seleksi dilaksanakan secara transparan.” tutur Aris Waka Humas   (Humas MAN 1 PKL/Ant/bd).