Pustakawan MTs Negeri 2 Banjarnegara, Raih Juara Harapan 3 GTK Berprestasi Tingkat Jateng

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Pustakawan MTs Negeri 2 Banjarnegara berhasil meraih juara harapan 3 3 lomba GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Berprestasi Tingkat Jateng. Lomba Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) berprestasi kategori pustakawan digelar di Semarang, Jawa Tengah (1/7) dengan meriah.

Datim Rahayu, pustakawan MTs Negeri 2 Banjarnegara yang mewakili Kabupaten Banjarnegara telah sukses dengan meraih juara di ajang GTK tahun 2022 ini. Datim satu-satunya pustakawan yang berhasil melaju ke tingkat provinsi yang sebelumnya sudah menjadi juara 1 ditingkat Kabupaten Banjarnegara.

Hasil yang diperoleh tahun ini memang sangat mengecewakan karena hanya meraih juara harapan 3. “Mohon maaf Bapak dan Ibu khususnya di MTs N 2 Banjarnegara. Hasil yang dicapai belum maksimal,” ungkapnya dengan sedikit rasa kecewa.

Hal tersebut diungkapkan juga oleh Ratna Ayu Kartika selaku Kepala Madrasah, mendapat juara harapan tingkat provinsi sudah sangatlah bagus. Persaingan tahun ini di provinsi agak berat karena semua tentu ingin menjadi yang terbaik. Jadi berusaha menampilkan yang terbaik.

Ungkapan senada juga disampaikan oleh teman sejawat di grup WhatsApp, bahwa perjuangan dalam lomba bukan semata-mata juara. Namun bagaimana bisa menyumbangkan ide dan pikiran dalam bentuk karya inovasi yang dapat diterapkan di semua madrasah.

Ide tersebut yang tidak semua orang bisa mengungkapkan dan berhasil diterima sesuai kondisi zaman dan berdaya saing. Ini yang sulit.

“Itu sudah bagus. Semoga ke depan bisa mencari ide yang berlian lagi, agar dapat membawa nama harum MTs Negeri 2 Banjarnegara dan Banjarnegara umumnya, “ ungkap Yuli salah satu guru memberi semangat.

Pustakawan di madrasah khususnya di Banjarnegara memang tidak banyak. Untuk madrasah saja hanya beberapa MTs yang memiliki tenaga pustaka ini. Jadi memang sangat dibutuhkan. Dengan adanya lomba seperti ini ide-ide para pustakawan sangat dinanti. Terutama untuk perkembangan perpustakaan di madrasah.

Semoga di tahun selanjutnya dapat meraih kejuaraan yang terbaik. Tidak hanya itu ide pengembangan perpustakaan semakin bervariasi dan inovasi. (dw/ak/rf)