Rakor Lanjutan Persiapan KMH Kota Semarang 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Senin (13/3/2023), Cholidah Hanum selaku Satgas Halal Kota Semarang kembali menggelar rapat koordinasi dengan Pemerintah Kota Semarang melalui zoom meeting terkait persiapan Kampanye Mandatory Halal 2023.

Rakor ini merupakan tindak lanjut hasil audiensi Tim BPJPH, Kakankemenag Kota Semarang, Satgas Halal Prov. Jateng dan Kota Semarang, dengan Walikota Semarang, pada Kamis (9/3/2023).

Hanum, panggilan akrab wanita kelahiran Demak tersebut, menyambut baik dan menyampaikan apresiasi kepada peserta kegiatan yang turut mendukung Program Kampanye Mandatory Halal 2023. “Terima kasih kepada Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesra, Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Kepala Disnaker, Kepala Diskominfo, Kepala Dinas Perindustrian, Kepala Dinas Perdagangan, Kepala DKP, Kabag Kesra, Kabag Komunikasi Pimpinan dan Protokol Setda Kota Semarang, yang sudah berkenan hadir dan bergabung dalam rakor siang ini,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Hanum membacakan hasil notulen audiensi sebelumnya. “Dalam audienasi sebelumnya, disampaikan bahwa Kampanye Mandatory Halal tidak mungkin hanya dilakukan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal atau Kementerian Agama, tetapi perlu bantuan dan dukungan semua pihak, termasuk Pemerintah Daerah. Oleh karenanya, kami sangat berterima kasih kepada Ibu Walikota Semarang beserta jajaran Pemerintah Kota Semarang yang telah mendukung dan menfasilitasi akan pelaksanaan Kampanye Mandatory Halal 2023 di Kota Semarang,” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian pedoman Kampanye Mandatory Sertifikasi Halal 2024 oleh Satgas Halal Prov. Jateng. “Pelaksanaan Kampanye Mandatory Halal akan dilaksanakan secara serempak pada 18 Maret 2023. Kampanye dilakukan secara luring dan daring. Diharapkan, pelaksanaan Kampanye Mandatory Halal tetap mempertimbangkan nilai-nilai budaya, toleransi, dan moderasi beragama, serta kearifan lokal,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, juga ditampilkan contoh pamflet Kampanye Mandatory Halal.

Dalam rakor, pihak dari Pemkot Semarang meminta agar diadakan rakor temu langsung dengan Satgas Halal Kota Semarang, guna menyamakan persepsi dan pembahasan lebih intens terkait persiapan Kampanye Mandatory Halal Kota Semarang yang akan dilaksanakan pada 18 Maret 2023 di Folder Tawangmas dan Job Fair yang berlokasi di Halaman Balaikota Semarang.(Hanum/NBA/bd)