Rapat Kerja Daerah IPHI Kota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Semarang, Jumat (21/10/2022) menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Balakota Semarang.

Rakerda dibuka oleh Kepala Bagian Kesra, H. Agus Rokhim, yang dalam sambutannya menyampaikan pesan dari Plt. Walikota Semarang. “Dalam kesempatan ini, ijinkan saya menyampaikan pesan dari Plt. Walikota Semarang, , Ibu Hevearita Gunaryanti Rahayu atau yang biasa disapa Mbak Ita. Beliau menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kinerja IPHI selama ini yang sudah ikut serta dalam proses pembangunan di Kota Semarang. Kedepan diharapkan PD-lPHI Kota Semarang bisa lebih meningkatkan aktivitasnya dalam rangka mewujudkan Kota Semarang yang lebih hebat,” tuturnya.

Sebelum memasuki Raker, Sekretaris IPHI Kota Semarang, Ali Sofyan menyampaikan ada 5 PC. IPHI Kecamatan yang belum dilantik dan dikukuhkan yaitu, Semarang Timur, Semarang Tengah, Candisari, Gajahmungkur, dan Banyumanik. Ia menyampaikan harapan, kegiatan ini pun dapat difasilitasi oleh Bagian Kesara Kota Semarang, sebelum 15 Desember 2022.

Selain itu, ia menyampaikan pula pada tahun 2023, PD. IPHI Kota Semarang akan menerima anggaran hibah sebesar Rp.100.000.000,- yang akan diperuntukkan untuk optimalisasi kegiatan yang telah disusun untuk periode 2023-2028.

Ketua PD. IPHI Kota Semarang didampingi Wakil Ketua H. Sumari dan Bendahara H. Aris Pandan, memimpin langsung jalannya Raker.

Ketua PD. IPHI Kota Semarang, KH. Maman Suparman dalam sambutannya menyampaikan, hampir satu tahun organisasi yang dipimpinnya vacum dari kegiatan, karena ketiadaan anggaran. “Setelah satu tahun vacum, alhamdulillah kegiatan kali ini dapat terlaksana karena difasilitasi oleh Bagian Kesra (Kesejahteraan Rakyat) Kota Semarang,” tuturnya.

Agenda Rakerda kali ini adalah pergantian pengurus antar waktu guna menggantikan pengurus yang telah meninggal dunia, yaitu wakil bendahara Hj. Sri Lestari dan H. Edi Haryono, serta persiapan  Musyawarah Daerah (Musda) IPHI yang akan diselenggarakan pada Januari 2023.

“Tahun ini merupakan tahun duka bagi IPHI Kota Semarang,  karena ada 3 pengurus IPHI yang wafat dipanggil Allah SWT diantaranya,  HM. Darsono, H. Edi Haryono, dan Hj. Sri Lestari. Sedangkan 2 pengurus lainnya telah mendahului yaitu, KH. M. Baedowi dan Hj. Rini Astuti,” ujar Suparman.

“Menghadapi Musda IPHI 2023, kita awali dengan pemilihan Ketua Panitia pembentukan SC dan OC. Panitia diharapkan dapat menyelesaikan rangkaian kegiatan tepat waktu, sehingga pengurus baru PD. IPHI Kota Semarang bisa segera terbentuk,” ungkapnya.

Dalam Rakerda tersebut, H. Suharto secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Panitia, yang dalam sambutannya menyampaikan, akan segera berkoordinasi dengan pengurus harian IPHI, untuk melengkapi kepanitiaan baik SC maupun OC.(Agus Haryadi/NBA/bd)