Rapat Koordinasi dan Konsultasi Kepenghuluan Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KOTA PEKALONGAN – Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan  menggelar Rapat Koordinasi dan Konsultasi Kepenghuluan Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan, Kamis (9/2/2023) bertempat di Pondok Makan Saling Kota Pekalongan. Seksi Bimas Islam sebagai leading sektor melaksanakan kegiatan ini selama 1 hari dengan menghadirkan 20 orang yang merupakan Penghulu dan Pengelola Keuangan.

Hadir membuka kegiatan sekaligus menjadi narasumber pada kegiatan, Kepala Kankemenag Kota Pekalongan, H.Kasiman Mahmud Dedky, M. Ag menyampaikan bahwa secara umum, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi Kankemenag Kota Pekalongan dengan Penghulu dan Pengelola Keuangan perihal program kerja kepenghuluan.

Secara spesifik H. Kasiman menyebutkan bahwa sinergitas penghulu dengan KankemeNag mesti ditingkatkan dan dioptimalkan dalam rangka mencegah timbulnya radikalisme di lingkungan sekitar kita.

“Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) KUA dan penghulu dapat menjadi perpanjangan tangan program kerja dari Kementerian Agama di Pusat dan Kanwil dan di Kabupaten/Kota,” tuturnya.

Dalam laporannya, H. Muh .Arifuddin selaku Kasi Bimas Islam menyebutkan bahwa dasar kegiatan ini adalah DIPA dan SK Kankemenag Kota Pekalongan.

Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan ini antara lain : Pengembangan Profesi Penghulu, Pengembangan Jabatan Penghulu dan Angka Kredit, Penerapan KUA dalam mencegah kekerasan berbasis gender, Penerapan batas usia 19 tahun bagi catin dan penguatan kelembagaan KUA, dan Transformasi KUA melalui Pusaka Sakinah Pengawan dan Evaluasi terhadap Anggaran PNBP NR. (ANT)