Rapat Persiapan Pemulangan Jemaah Haji Pemalang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Jemaah Haji Kabupaten Pemalang yang tergabung dalam Kloter 37 SOC, 38 SOC, dan 39 SOC tidak lama lagi akan kembali ke Indonesia. Untuk menyiapkan kepulangan jemaah haji, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang menyelenggarakan rapat koordinasi persiapan pemulangan jemaah haji Kabupaten Pemalang tahun 1444 H/2023 M. Rakor dilaksanakan di Aula Kankemenag pada hari Rabu (12/7).

Rakor dipimpin oleh Kepala Kankemenag Roziqun bersama Kabag Kesra Pemda Kabupaten Pemalang Sukisman dan didampingi Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kankemenag Amin Wijayanti. Peserta rakor terdiri dari Polres Pemalang, Kodim 0711/Pemalang, Komisi D DPRD, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Badan Kesbangpol, Bagian Kesra, Bagian Umum, Bagian Prokopim Setda Kabupaten Pemalang serta Kasubbag TU, Kasi, dan Gara Zawa Kankemenag Kabupaten Pemalang.

Roziqun meminta informasi pemulangan dan penjemputan jemaah haji Kabupaten Pemalang bisa disebarluaskan.

“Kegiatan pemulangan jemaah haji Kabupaten Pemalang perlu disosialisasikan. Lebih lanjut terkait hal tersebut, Kankemenag bersama Diskominfo dan Polres akan mengadakan siaran di Radio Widuri Pemalang, dikandung maksud agar masyarakat luas mengetahui tentang kepulangan dan cara penjemputan jemaah haji Kabupaten Pemalang,” kata Roziqun.

Pejemputan jemaah haji dari Asrama Haji Donohudan menuju Pendopo Kabupaten Pemalang akan dilakukan oleh petugas dari Kemenag, Bagian Kesra, Dinas Kesehatan, dan Polres Pemalang. Setiap bus jemaah akan didampingi oleh tiga orang petugas.

Sementara itu Sukisman mengatakan jemaah haji bisa dijemput oleh keluarga hanya di Pendopo Kabupaten Pemalang, tidak boleh di tempat lain.

“Penjemputan jemaah haji hanya dilakukan oleh keluarga jemaah sendiri tanpa penjemput orang lain serta hanya diperbolehkan satu jemaah satu mobil penjemput yang boleh memasuki area kabupaten. Dikarenakan guna menghindari adanya kemacetan di jalan sehingga akan menghambat jemaah haji untuk segera pulang ke rumah masing-masing, dikarenakan jemaah haji sudah mengalami kelelahan,” terang Sukisman.

Kloter 37 SOC direncanakan akan tiba di Bandara Adi Soemarmo pada hari Senin (17/7) jam 12.25 WIB. Kloter 38 SOC direncanakan akan tiba di Bandara Adi Soemarmo pada hari Senin (17/7) jam 18.10 WIB. Dan untuk kloter 39 SOC direncanakan akan tiba di Bandara Adi Soemarmo pada hari Senin (17/7) jam 22.30 WIB. (af/fi/rf)