Refleksi Hari Jadi Wonosobo, Bupati dan Kakankemenag Kab. Wonosobo Ziarah Makam

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Dalam rangka nyengkuyung peringatan hari jadi Kabupaten Wonosobo ke 197, Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid, bersama dengan Kasi Bimas Islam, Imron Awaluddin, mendampingi Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, dan beberapa pejabat dinas terkait, melakukan Ziarah ke Makam Kh. Muntaha, Alh., di Desa Dero, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, Senin, (18/07).

Kegiatan ziarah makam tersebut merupakan tradisi tahunan menjelang digelarnya peringatan hari Jadi Wonosobo. Selain untuk mendoakan arwah para pendiri, ziarah makam tersebut juga dimaksudkan untuk senantiasa mengingatkan generasi penerus, akan keberadaan makam-makam penting bagi Wonosobo.

“Ziarah kubur secara tidak langsung akan mengingatkan kita pada kematian yang bisa datang kapanpun dan dimanapun, sekaligus sebagai salah satu wujud penghormatan atas jasa-jasa dan pengorbanan para pendahulu,” kata Farid disela ziarahnya.

Farid berharap, Ziarah Makam selain menjadi kegiatan rutin tahunan juga bisa menjadi tradisi yang terus dilestarikan oleg generasi penerus. Ia juga menyampaikan harapannya agar kedepan Kabupaten Wonosobo menjadi kabupaten yang maju, humanis, dan lebih baik.

“Sesuai tema hari jadi wonosobo ke 197 yaitu Gumregah Makaryo Sesarengan, dengan semangat hari jadi ini mari kita bersama-sama bekerja lebih baik lagi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Semoga Wonosobo kedepannya menjadi lebih baik lagi,” tandas Farid.

Berdasarkan rundown kegiatan rangkaian hari jadi Wonosobo ke 197, selain dilakukan ziarah di makam KH. Muntaha, juga akan dilaksanakan ziarah ke beberapa makam para tokoh dan pendiri Kabupaten Wonosobo hingga tanggal 20 Juli mendatang.

Setyo Wahyudi, selaku Koordinator Ziarah dari Bakesbangpol Wonosobo menjelaskan, adapun beberapa makam tersebut yakni makam Kh. Muntaha di Dero Mojotengah, Makam Kyai Tumenggung Jogonegoro di Pakuncen Selomerto, Makam Kyai Ageng Abdullah di Plobangan Selomerto, Makam Tumenggung Selomanik di Kaliwiro, Makam Bupati Mangunkusumo dan Makam Tumenggung R. Tjokrohadisoerjo di Ketinggring Wonosobo, Makam Kh, Asmorosufi di Sapuran, makam H. Abdul Fatah di Kecamatan Kepil, dan Makam KRT Setjonegoro di Payaman Kabupaten Magelang.(ps-ws/Sua)