Rematri MAN 1 Banjarnegara Ikuti Aksi Minum TTD

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Rabu (5/10) Palang Merah Remaja (PMR) MAN 1 Banjarnegara mengadakan aksi minum tablet tambah darah (TTD). Kegiatan ini merupakan salah satu program PMR bekerja sama dengan Puskesmas Bawang dalam upaya pencegahan dan penanggulangan anemia yang dapat dilakukan oleh remaja putri (rematri).

Tiara Retno Wulandari, kader posbindu MAN 1 Banjarnegara menyatakan bahwa Gerakan minum TTD sesuai dengan kebijakan pemerintah yang dilakukan setiap seminggu sekali.

Serangkaian dengan aksi TTD, sebelumnya telah dilakukan sosialisasi agar rematri tidak takut. Dalam sosialisasi disampaikan tentang pentingnya TTD.

“Dengan sosialisasi rematri tidak akan khawatir lagi untuk mengonsumsi TTD seminggu sekali,” ujar Tiara Retno Wulandari

Waka Humas, M. Abror. Menjelaskan sasaran TTD adalah remaja putri (Rematri)

“Rematri rentan menderita anemia karena banyak kehilangan darah pada saat menstruasi. Mereka mengalami masa pertumbuhan yang pesat sehingga kebutuhan zat besi juga meningkat. Bahkan diet yang keliru juga bisa terjadi pada rematri.” jelas M Abror

“Selain meningkatkan asupan makanan sumber zat besi, suplementasi zat besi juga penting.” imbuh M Abror

Di pihak lain, Istiqomah, salah satu remaja putri, usai minum TTD mengaku pentingnya TTD

“Menurut saya TTD penting dikonsumsi rematri. Karena kadang kebutuhan zat besi yang sangat saya butuhkan tidak tercukupi hanya dengan sayuran, daging atau yang lainnya. Untuk memenuhinya perlu suplemen seperti tablet tambah darah.” ucapnya

“Memang si aromanya tidak enak tapi karena itu kita butuhkan ya saya akan mengonsumsi seminggu satu tablet sesuai anjuran petugas.” pungkas Istiqomah.  (swh/rf)