Resmi Dibuka Wapres Ma’ruf Amin, Kakanwil Musta’in Ahmad Dampingi Menag Yaqut Hadir dalam Forum H20 di Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meresmikan Pembukaan Forum Halal 20 (H20) di Hotel Padma, Candisari, Semarang, Kamis (17/11/2022). Pembukaan H20 merupakan bagian dari gelaran Presidensi G20 dan berlangsung pada 17 – 19 November 2022.

Dengan mengusung tema “Global Halal Partnership for a Robust Sustainable Future”, H20 merupakan agenda yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Melalui H20 ini saya yakin bahwa ekonomi halal akan menjadi mesin pertumbuhan ekonomi yang daapat diandalkan dan diperhitungkan dalam upaya pulih bersama secara kuat dan inklusif,” tutur Wapres Ma’ruf Amin.

Dalam sambutannya, Ma’ruf Amin sampaikan tiga hal penting dalam penyelenggaraan H20, antara lain: 1.) H20 harus dioptimalkan untuk mendukung presidensi G20 Indonesia, 2.) Kerjasama pengakuan dan saling keberterimaan Sertifikat Halal perlu ditindaklanjuti dan ditambah cakupannya, 3.) Kerjasama pengembangan produk halal antar negara agar diperluas, tidak hanya sertifikasi tetapi juga soal teknologi, SDM dan sarana prasarana.

Dalam kegiatan bergengsi ini, Kakanwil Kemenag Prov.Jateng Musta’in Ahmad mendampingi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hadir dalam forum H20.

“Bersama-sama kita ketahui bahwasanya H20 ini bertujuan untuk memperkuat, mempromosikan, dan mengembangkan kerja sama Jaminan Produk Halal pada pasar halal global atas dasar saling pemahaman, saling penerimaan, dan saling menguntungkan,” tutur Musta’in Ahmad.

“Kita semua berharap, dalam forum ini dapat melahirkan strategi bersama yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pasar halal global. Karena peresmian H20 berada di Semarang, Jawa Tengah, kita juga berharap supaya seluruh UMKM produk halal yang ada di Jawa Tengah dapat terus bertumbuh dan mendukung program 10 juta produk bersertifikat halal milik Kementerian Agama,” imbuhnya.

BPJPH turut menggundang perwakilan 104 Lembaga Halal Luar Negeri (LHLN) dari 40 negara. Dalam acara tersebut dilakukan penyerahan A Brief Report Magazine on  Halal Paradigm Shift dari Menag Yaqut kepada Wapres Ma’ruf Amin. Terlaksana juga penandatanganan Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) antara BPJPH dengan Helal Akreditasyon Kurumu (HAK) Turki, Korea Testing Certification (KTC), dan Dinar Standard. Serta lembaga-lembaga nasional lainnya Universitas Islam Negeri Arraniry Aceh, Universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Padang, Queen of Mall, dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI). Forum H20 juga akan membahas sejumlah isu global terkait jaminan produk halal. Antara lain aturan saling keberterimaan sertifikasi halal untuk percepatan kerja sama ekspor impor produk.

Hadir dalam acara ini, Duta Besar Chile Gustavo Ayares, Plt. Walikota Semarang Hevearita Rahayu, Chairman of the Board of Directors Helal Akreditasyon Kurumu (HAK) Turkiye Zafer Soylu, Deputy Chairman of the Religious Council Singaporean Islam (MUIS) Albakri Ahmad, Executive Director of Dinar Standard Mohamed Ali Mechraoui. 

Sementara Wapres Ma’ruf Amin didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Ekonomi dan Keuangan Lukmanul Hakim, dan Staf Khusus Wapres Bidang Infrastruktur dan Investasi Bapak Sukriansyah S. Latief. (ps/rf)