Resmikan Laboratorium Moderasi Beragama Milik MAN 1 Grobogan, Kakanwil: Beragama Harus Kaffah!

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Grobogan (Humas)– Dalam rangka pengembangan serta inovasi bagi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Grobogan, muncul sebuah gagasan pembuatan Laboratorium Moderasi Beragama. Dengan harapan menanamkan rasa kebhinekaan, kerukunan antar umat beragama, jiwa moderat serta menambah ilmu pengetahuan dan wawasan beragama.

Masih dalam rangkaian Milad ke 46 MAN 1 Grobogan, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahmad meresmikan Laboratorium Moderasi Beragama Senin (4/3/2024). Didampingi langsung oleh Fahrur Rozi Kepala Kantor Kemenag Kab. Grobogan dan Suprapto Kepala MAN 1 Grobogan.

Menggandeng Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Grobogan keberadaan Laboratorium Moderasi Beragama ini diharapkan dapat menciptakan kedamaian, harmonis, rukun dan moderat dilingkungan MAN 1 Grobogan. Ini selaras dengan semboyan “HARUM” MAN 1 Grobogan yakni harmonis, rukun dan moderat.

Dalam arahannya, Kakanwil kembali ingatkan empat hal indikator sikap moderat dalam beragama, antara lain anti kekerasan, komitmen terhadap kebangsaan, akomodatif pada budaya lokal, dan toleransi.

“Beragama harus kaffah, mengakar, menyeluruh!,” pungkasnya. (PS/BEL)