Revitalisasi KUA Kecamatan Sebagai Modal Pelayanan Prima Kemenag Brebes

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Dalam rangka mendukung percepatan program prioritas Kementerian Agama tentang Revitalisasi KUA di Kabupaten Brebes, Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes menyelenggarakan Kegiatan Capacity Building Program Revitalisasi KUA Tahun 2022, Jumat, (17/06/2022) di Hotel Anggraeni Jatibarang dilanjutkan Outbond di Yonif 407 Padma Kusuma Kabupaten Tegal.

Kasi Bimas lslam Kankemenag Brebes, H. Nasokhidin selaku ketua pelaksana melaporkan bahwa Capacity Building tahun 2022 diikuti oleh 56 Orang peserta baik yang berasal dari Seksi Biams Islam sendiri, Kepala KUA sekabupaten Brebes, para penghulu se-kabupaten Brebes, JFU perwakilan KUA sekabupaten Brebes, dan JFT dari Sekretariat  Kankemenag Brebes.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala kantor kementerian Agama Kabuoate Brebes Drs. H. Fajarin, M.Pd. Dalam sambutannya Beliau menjelaskan bahwa  Revitalisasi KUA merupakan programa prioritas dan Unggulan Kementerian Agama RI, sebagai upaya mewijudkan Visi dan misi Terwujudnya KUA sebagai pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel dan moderat dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama.

H. Fajarin mempertegas bahwa KUA  kecamatan merupakan Pusat Layanan Keagamaan (PUSAKA) yang memiliki tujuan strategis untuk meningkatkan layanan keagamaan kepada masyarakat, dan meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama di Indonesia.

“Guna tercapai tujuan dimaksud, Kementerian Agama melaksanakan  Upaya dan dalam rangka meningkatan Kapasitas Kelembagaan, penyempurnaan standar pelayanan, transformasi digital layanan dan  peningkatan kualitas sumber daya manusia serta penguatan regulasi dan integrasi data,” jelas  H, Fajarin.

Kakankmenag  Brebes, H. Fajarin juga mengungkapkan guna mempercepat tercapainya tujuan-tujuan tersebut, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah menunjuk dan menetapkan 3 KUA Kecamatan di Kabupaten Brebes yang dijadikan model Revitalisasi KUA di Kecamatan setelah tahun lalu 1 KUA yaitu KUA Kecamatan Ketangguangan Brebes ditunjuk sebagai Pilot projek revitalisasi KUA di Kabaupaten Brebes.

“3 KUA kecamatan di Brebes yang di revitalisasi pada tahun 2022, yaitu KUA Kec. Jatibarang, KUA Kecamatan Larangan dan KUA Kecamatan kersana,” imbuhnya.

Kepada para peserta, H. Fajarin berharap agar para peserta yang hari ini mengikuti Capacity Building yang etrdiri atas Para Kepala KUA, Penghulu dan JFU KUA kecamatan sekabupaten Brebes dapat bersemangat dalam bekerja dan senantiasa meningkatkan keilmuan dan keahlian dalam rangka memberikan pelayanaan terbaik kepada masyarakat. Setelah pemaparan materi oleh Kepala Kankemenag Brebes acara dilanjutkan Outbound di Yonif 407 Padma Kusuma Kabupaten Tegal.(Hid/Sua)