Safari Sahabat Madrasah, MTSN 1 Pati Teken MOU dengan MTsN 4 Bantul DIY

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Tekad MTsN 1 Pati dalam menularkan ilmu tidak berhenti di wilayah Jawa Tengah Saja. Pada Selasa, (1/10), MTsN 1 Pati melakukan safari ke MTsN 4 Bantul, Yogyakarta dalam rangka silaturahmi sekaligus penandatanganan MoU pada program sahabat madrasah.

“Tujuan yang pertama adalah silaturahmi karena MTsN 4 Bantul kemarin sudah berkunjung ke madrasah kami, jadi sekarang kami membalasnya dengan datang ke sini. Kedua, untuk MoU sahabat madrasah. Alhamdulillah pelaksanaan MoU berjalan dengan lancar,” terang Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati.

Syafak menyebutkan bahwa MTsN 4 Bantul merupakan satu-satunya sahabat madrasah di luar Jawa Tengah dan menjadi sahabat madrasah MTsN 1 Pati yang ke-17 setelah MI Ndholo Kusumo, Pati. “Alhamdulillah, MTsN 4 Bantul menjadi sahabat madrasah kami yang ke-17. Kita mengembangkan diri atau safari sahabat madrasah dan kali ini adalah ke MTsN 4 Bantul. Semoga bisa menginspirasi madrasah-madrasah lainnya dalam upaya meningkatkan gairah berprestasi,” ungkapnya.

Berpegang pada sebuah hadis yaitu Khoirunnas anfauhum linnas, Syafak berharap agar seluruh sahabat madrasah MTsN 1 Pati bisa saling mengambil manfaat sehingga ke depan prestasi madrasah dapat meningkat, menjadikan madrasan lebih keren, serta menjadi madrasah yang barokah, manfaat, dan istiqomah. “Semua sahabat madrasah MTsN 1 Pati harus bisa mengambil manfaat dari kami dan kami juga bisa mengambil manfaat dari sahabat madrasah kami. Jangan menjadi madrasah yang biasa-biasa saja. Jadilah madrasah yang uswatun hasanah, dan mandiri berprestasi,” pesannya.

Sementara itu, Siti Solichah, Kepala MTsN 4 Bantul, menjelaskan bahwa ketertarikannya melakukan MoU pada program sahabat madrasah ini berawal ketika berkunjung, melihat secara langsung kemegahan dan bukti nyata prestasi-prestasi yang ada di MTsN 1 Pati. “Kami bawa pulang apa yang kemarin sudah kami lihat, kemudian kami sampaikan kepada teman-teman yang akhirnya kami bersepakat mencoba mengajak MTsN 1 Pati untuk menjadi sahabat madrasahnya. Alhamdulillah, ada timbal balik yang baik dari MTsN 1 Pati dan pada hari ini tepat 1 November 2022, MTsN 1 Pati hadir di MTsN 4 Bantul untuk mengadakan MoU,” jelasnya.

Sebagai langkah awal setelah menjadi sahabat madrasah MTsN 1 Pati, Sholichah  menyebutkan akan meniru program-program unggulan MTsN 1 Pati yang sudah berjalan dengan baik seperti riset, sains, tahfidz, bahasa, dan juga program boarding school. “Dari situ, kami mencoba mengikuti langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh MTsN 1 Pati yang akan kami terapkan di MTsN 4 Bantul agar madrasah kami bisa unggul dan bisa mendapatkan kejuaraan-kejuaraan untuk anak-anak kami,” ujarnya.

“Harapannya, seandainya belum bisa menyamai apalagi mengungguli MTsN 1 Pati, paling tidak kami bisa mengadopsi program yang sudah terlaksana di sana untuk bisa kami laksanakan di MTsN 4 Bantul. Semoga apa yang sudah berjalan baik di sana kami bisa istiqomahkan juga di MTsN 4 Bantul,” imbuh Solichah.

Pernyataan senada juga disampaikan oleh Ketua Komite MTsN 4 Bantul, Barodin. Ia mengatakan  bahwa dalam kerja sama ini diharapkan dapat terlaksana dengan baik terutama dalam hal pengadaan boarding school. ”Dari komite nanti akan menyampaikan kepada kepala madrasah bagaimana baiknya karena untuk anak didik khususnya tahfidz jika tidak ditunjang seperti boarding school untuk pelaksanaannya mungkin kurang maju. Jadi, nanti kita lihat kerja sama, di mana untuk kemajuan ini bisa dilaksanakan,” tandasnya. (TiM/at/Sua)