Salamun Dorong MGMP PAI SMP Lakukan Terobosan Untuk Penguatan Eksistensinya

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Organisasi profesi seperti halnya Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Pertama (SMP) harus mampu melakukan terobosan untuk menguatkan eksistensinya ditengah dinamika dunia pendidikan yang bergerak cepat. Disamping itu juga piawai lakukan pendekatan kepada pemegang kebijakan terhadap instansi yang memiliki irisan atau kepentingan yang sama dengan MGMP PAI.

Hal ini disampaikan oleh Salamun Pengawas PAI SMP,  SMA/SMK Kankemenag Kota Magelang ketika berikan materi pembinaan GPAI  PAI SMP di RM. Ayam Goreng Bu Tatik Jl. Sarwo Edhi Wibowo, (Senin 29/8). Salamun pernah meraih Juara I Kepala sekolah Berprestasi Tahun 2011 dan 2012, dan juga menjabat sekretaris PGRI Kota Magelang.  Ia memberikan contoh penerapannya di SMPN 1 Jetis Ponorogo Jawa Timur.

“Saat studi banding kesana kami dapatkan sesuatu yang beda, yakni mereka mampu menjalin sinergitas dengan stakeholder terkait. Ada beberapa MoU dengan beberapa instansi, seperti dengan Madrasah atau Kemenag  sehingga bisa ikut dalam Komperisi Sain Madrasah (KSM). Juga dengan beberapa pihak perbankan di Jawa Timur,” tandas Salamun.

“Semuanya berawal dari komunikasi informal yang intensif, sehingga pemilik otoritasnya percaya dan bersedia untuk menjalin Kerjasama. Sebelumnya, proposal kegiatan yang diajukan sering ditolak oleh kepala sekolah. Tapi kini karena telah memiliki hubungan baik dengan kepala dinasnya, para kepala sekolah dibawahnya kemudian mendukung dan menyukseskan,” ungkap kemudian.

“Pengurus MGMP PAI harus percaya diri untuk mempromosikan program kerjanya. Tentunya harus diimbangi oleh profesionalitas, sehingga mereka mengakui kiprah dan eksistensi MGMP PAI,” tegasnya.

Selain itu mengingatkan juga mengenai pentingnya untuk tidak lelah meningkatkan kualitas diri dan mengedepankan sikap tanggung jawab dalam melaksanakan tugas hingga tuntas. Tidak hanya sukses saat perencanaan dan pelaksanaan saja. Dikatakan tuntas ketika laporan pelaksanaan kegiatan terselesaikan sebagai bukti adminstrasinya.

Ia juga berharap agar MGMP PAI SMP mampu berperan secara optimal sebagai wadah organisasi profesi untuk meningkatkan mutu para pendidiknya.

Sebagai informasi, dibulan September mendatang akan digelar MAPSI  PAI SMP Tahun 2022 yang dibayai oleh Disdikbud Kota Magelang. Dalam kegiatan itu akan diadakan berbagai cabang lomba yang akan diikuti oleh siswa siswi perwakilan  SMP se-Kota Magelang. (Hari/rf).