Sambut Hari Raya Kurban, LPQ At Taubah Gelar Takbir Keliling

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Berbeda dengan lembaga pendidikan nonformal lainnya, LPQ At Taubah yang berlokasi di Kecamatan Gajahmungkur, menerapkan KBM sampai dengan Rabu (28 Juni 2023), sehingga dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha, LPQ At Taubah mengadakan kegiatan Pentas Seni dan Pawai Takbir Keliling di hari terakhir KBM.

  1. Agus Haryadi selaku Kepala LPQ At Taubah menyampaikan, kegiatan ini dipersiapkan bersama oleh para pengajar, wali kelas, dan para santriwati PPL Ponpes Al Hikmah Brebes. “Alhamdulillah perdebatan atau perbedaan terkait jatuhnya Hari Raya Idul Adha 1444 H, tidak mempengaruhi semangat keluarga besar LPQ At Taubah dalam menyambut datangnya Hari Raya Kurban. Hari ini, Rabu (28/6/2023), satriwan-santriwati kami mengumandangkan takbir dalam rangka menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha,” tuturnya.

“Puncak peringatan Hari Raya Idul Adha tahun ini, kami mengelar Pentas Seni dan Pawai Takbir Keliling, yang dipersiapkan oleh semua pihak. Ustadzah Tahfidz dan wali kelas mempersiapkan rapor yang akan dibagikan pada wali santri, sedangkan santri PPL Ponpes Al Hikmah Brebes melatih anak-anal LPQ untuk tampil dalam pentas seni. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar,” imbuhnya.

Pada bagian lain, Nurul Hidayah selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan rundown acara. “Puncak kegiatan diawali dengan pentas seni dari masing-masing kelas. Santriwan-santriwati kelas Ali menampilkan nyanyian solawat Ya Rabbibil Musthofa, kelas Usman menampilkan gerak lagu, sedangkan kelas Abu Bakar menampilkan solawat pula,” terangnya.

“Kegiatan ditutup dengan pembagian rapor semester genap Tahun Pelajaran 2023/2024,” sambungnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan kemeriahan takbir keliling LPQ At Taubah. “Takbir keliling dilakukan dengan mengelilingi kelurahan Petompon. Tidak kurang dari 100 santri dan orang tua ikut membersamai para santri,” ungkapnya.

“Selama perjalanan, kumandang takbir khas Hari Raya Kurban cukup mengundang perhatian masyarakat daerah sekitar yang dilewati oleh rombongan seperti, Jalan Tampomas Utara, Tengah, dan Selatan. Mereka berhamburan keluar rumah untuk turut menyaksikan pawai takbir keliling LPQ At Taubah. Bahkan, terlihat beberapa masyarakat setempat mengambil gambar dengan menggunakan HP maupun kamera,” pungkasnya.(A.Haryadi/NBA/bd)