Santri Ikut Warnai Apel HSN 2023 Kemenag Kota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Semarang (Humas) – Dalam Apel Hari Santri 2023 yang digelar di Halaman Kantor Kementerian Agama, santri-santri dari beberapa pondok pesantren nampak turut meramaikan kegiatan apel yang dilaksanakan pada Minggu (22/10/2023).

Sama seperti ASN setempat, dengan mengenakan pakaian khas santri yaitu berkoko/berbusana muslim putih dan bersarung, mereka datang 15 menit sebelum apel dimulai.

Rupanya, mereka adalah santriwan-santriwati dari Ponpes Nurul Anwar, Daarussholihin, Riyadlus Sholihin, dan Daarul Hikam.

Mereka nampak antusias mengikuti apel tersebut. Sembari menunggu apel dimulai, mereka saling bertegur sapa dan berbincang-bincang dengan santri lain dari pondok pesantren yang berbeda. “Apel Hari Santri kali ini menjadi ajang silaturahmi bagi para santri,” terang Tantowi Jauhari selaku Kasi PD. Pontren Kankemenag Kota Semarang.

Selain saling berkenalan, para santri juga berbagi pengalaman dan sharing ilmu. “Betapa indahnya pemandangan ini, para penghafal quran, pengkaji ilmu agama, saling bertukar pikiran tentang ajaran Islam, suasana menjadi teduh dan damai,” ungkap Tantowi.

Tak hanya bersilaturahmi dengan sesama santri, mereka juga bercengkrama hangat dengan peserta apel lainnya. “Iri rasanya dengan mereka, masih muda tapi memiliki pengetahuan akan agama yang jauh lebih luas dibanding kami,” ujar Tri Ginarni, salah satu ASN Kemenag Kota Semarang yang turut menyapa para santri.

Para santri mengikuti apel dengan penuh hikmat hingga akhir. Bahkan salah satu santri Ponpes Nurul Anwar, Irsya Nur Aqila Firdaus, didapuk untuk membacakan Ikrar Santri.

Di penghujung acara, mereka juga meramaikan peringatan Hari Santri dengan mengikuti kuis yang diadakan oleh Kankemenag Kota Semarang.

Selepas apel, bersama ASN setempat, para santri menyerukan ucapan selamat Hari Santri, dan tema peringatan Hari Santri 2023.(Rus/Dintha/Nba)