SD Muhammadiyah PK Kota Barat Fasilitsi Pengembangan PAI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta –  Untuk yang kedua kalinya setelah masa pandemi SD Muhammadiyah Program Khusus (SD MUH.PK) Kota Barat menggelar Wisuda Tahfidz dan Tilawah dengan mengusung tema “MENCETAK GENERASI QUR’AN BERKARAKTER DAN BERKEMAJUAN” di Hotel Multazam Surakarta, Sabtu (11/2).
Nursalam Kepala SD Muh.PK melaporkan bahwa wisuda Tahfidz dan Tilawah yang sudah menjadi agenda rutin tahunan ini diikuti oleh 139 siswa- siswi dari kelas 1 sampai kelas 6 dengan capaian juz 30 sebanyak 63 anak, juz 29 sebanyak 8 anak, juz 28 dan juz 27 masing-masing 3 anak, juz 26 ada 2 anak dan 1 anak telah menyelesaikan hingga juz 25 serta 60 anak telah menyelesaikan kompetensi baca Al Qur’an atau iqro’ 6. Seperti tahun-tahun sebelumnya SD Muh.PK menggunakan metode Tajdid dan lagu nahawan dalam program tuntas baca Al qur’an maupun tahfidzul qur’an.

“Kami berterimakasih dan bangga pada anak-anak serta menghimbau orang tua untuk senantiasa mendampingi murojaah anak-anak di rumah agar dapat menjaga hafalannya,” tutur Nursalam.

Pengawas PAI Kemenag Kota Surakarta Sumiyati mengapresiasi prestasi pengembangan Pendididkan Agama Islam di SD Muhammadiyah PK yang semakin eksis dan mampu melampui target kompetensi PAI di sekolah dasar. “Dari hasil supervisi dan monitoring terhadap proses Pendidikan Agama Islam di SD Muh.PK menunjukkan bahwa ada kemajuan maupun peningkatan pelayanan pengembangan PAI yang terprogram dan terukur,” ungkap Sumiyati dalam sambutannya.

Lebih dalam Sumiyati membeberkan bentuk peningkatan pelayanan PAI di SD Muh.PK antara lain berupa ujian praktek ibadah mulai kelas 1 sampai kelas 6 yang diadakan setiap semester. Hal ini akan memperkuat kompetensi praktek ibadah anak- anak sejak dini sehingga anak lulus dari SD PK diharapkan sudah mapan dalam mengaplikasikan ibadah dalam kehidupan kesehariannya. Disamping ada program tuntas baca Al qur’an dan tahfidz serta ektra kurikuler seni baca Al qur’an yang tahun 2022 lalu berhasil menjuarai lomba MAPSI Kecamatan Laweyan.

Prestasi pengembangan PAI SD Muh.PK juga diapresiasi oleh majelis dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta yang diwakili oleh Muqarabin.
Menyemarakkan kegiatan Wisuda Tahfidz dan Tilawah hadir pula ustadz Faqihudin Latif yang menyampaikan tausiyahnya membahas tentang fadhilah menghafal Al qur’an. (Myt/bd)