Sebagai Salah Satu Pertimbangan Pemilihan Peminatan, MAN 2 Banjarnegara Adakan Tes Psikologi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Dalam rangka memberikan pertimbangan bagi kelas X untuk memilih peminatan pada studi belajarnya, Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarnegara (M2B) bekerjasama kegiatan tes psikologi untuk kelas X Tahun Pelajaran 202/2023.

Pada kesempatan ini, tes psikologi dilakukan secara langsung di Laboratorium Komputer dengan menerapkan protocol kesehatan yang ketat dan berlangsung sejak hari Senin tanggal 25 Juli 2022 sampai dengan Kamis tanggal 28 Juli 2022 pukul 07:00 – 10:30 WIB (Sesi I) dan pukul 10:30 – 13:30 (Sesi 2) yang didampingi langsung oleh guru BK, proktor dan teknisi ruangan.

Tujuan pokok dari tes psikologi ini, seperti yang disampaikan kepala Madrasah, H. Ridlo Pramono, bahwa melalui tes psikologi ini diharapkan dapat menemukan data yang mendekati kebanaran mengenai potensi pribadi siswa, yaitu berupa data IQ dan peminatan untuk keperluan studi lanjutan di Perguruan Tinggi.

“Pada tahun ini, tes psikologi bekerjasama dengan Edu Innovasi Indonesia (edubran). Pelaksanaan tes ini diawali dengan sosialisasi kepada siswa satu minggu sebelumnya oleh guru BK melalui materi matsama (Masa Orientasi Siswa) kelas X,” tutur Ridlo.

Ditambahkan oleh Adi Andoyo selaku koordinator guru BK, “MAN 2 Banjarnegara setiap tahun selalu mengadakan tes psikologi untuk kelas X di pekan kedua atau setelah rangkaian MATSAMA selesai dengan tujuan dapat menemukan data IQ siswa untuk bahan pertimbangan pemilihan jurusan dan keperluan studi di Perguruan Tinggi. Tes ini terdiri dari 4 materi. Pada saat mengerjakan tes psikologi ini siswa diharapkan teliti dalam membaca tata cara tes dan jujur mengerjakan secara mandiri tanpa bantuan dari siapapun. Pada saat pelaksanaan tes akan didampingi oleh proktor ruangan dan guru BK, dan untuk siswa yang belum dapat mengikuti tes, akan diikutkan di tes susulan yang akan dijadwalkan lagi,” jelasnya. (usw/rf)