Semakin Keren, Asesmen Madrasah MIN 5 Semarang Berbasis Android

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Ungaran –  Asesmen Madrasah atau dulu dikenal dengan ujian madrasah pada MIN 5 Semarang dilaksanakan mulai tanggal 8 Mei 2023 sampai dengan tanggal 15 Mei 2023. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik akhir jenjang kelas VI MIN 5 Semarang.

Asesmen madrasah pada MIN 5 Semarang dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi CBT e-learning madrasah sementara siswa-siswi mengakses menggunakan tablet madrasah. Hal ini merupakan salah satu inovasi madrasah dimana MIN 5 Semarang yang sudah menjadikan Madrasah Digital sebagai slogannya.

Supriyono selaku kepala MIN 5 Semarang menyampaikan madrasah harus selalu berinovasi untuk maju sesuai perkembangan jaman. “Madrasah Digital MIN 5 Semarang selalu berinovasi untuk membangun madrasah yang mandiri dan berprestasi, salah satunya adalah dengan membuat terobosan madrasah digital seperti asesmen berbasis android menggunakan CBT e-learning seperti asesmen madrasah saat ini,” kata Supriyono.

Asesmen madrasah Tahun pelajaran 2022/2023 kali ini di ikuti oleh 51 siswa kelas VI MIN 5 Semarang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 30 siswa perempuan dibagi menjadi 2 sesi mengingat ketersediaan tablet madrasah. Sesi pertama di mulai pukul 07.30 – 10.30 wib sedangkan sesi kedua dimulai pukul 10.45 – 13.30 wib. Kegiatan asesmen berbasis android ini sudah berlangsung selama tiga tahun belakangan ini.

Meskipun asesmen berbasis android namun ada beberapa kendala yang kapan saja bisa dihadapi yaitu jika listrik padam dan koneksi internet putus. Hal ini harus disikapi dengan persiapan genset agar ketika listrik padam bisa segera diatasi sedangkan jika internet terputus bisa menggunakan tetring HP guru-guru MIN 5 Semarang.(rwr/bd)