Semarak Kaligrafi Festival

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, (HUMAS) — Peringatan HUT Ke-40 MAN Pekalongan dimeriahkan oleh lomba hadroh dan kaligrafi, yang dikemas dalam MAN Pekalongan Festival. Festival ini merupakan ajang lomba seni antar-SMP/MTs Tingkat Kabupaten Pekalongan, yang terdiri dari dua bagian, yakni lomba kaligrafi bertajuk Kaligrafi Festival dan hadroh yang bertajuk Al Ahbab Hadrah Festival.

Kaligrafi Festival dilaksanakan pada Selasa (26/09/2023) di aula lantai 2 MAN Pekalongan dan diikuti oleh 10 peserta, yakni:
1. Felix Rofiul Iman dari MTs Muhammadiyah Kajen
2. Husna Himatul Wafa dari SMP NU Pajomblangan
3. Liya Zafirah dsei MTsN 1 Pekalongan
4. M. Farhan Nur Rizky dari MTs 45 Wiradesa
5. Zulfa Nafila dari SMPN 1 Kedungwuni
6. Fauzaan Taqiyuddin dari MTs YMI Wonopringgo
7. Dwi Shofwatul Karimah dari SMP NU Kesesi
8. Indah Mutia dari SMP IT Luqman Hakim
9. Zahwa Aqila dari MTs Salafiyah Wonoyoso
10. Muhammad Nashril Ilham dari MTs Al-Hikmah Proto

Lomba kaligrafi berlangsung mulai pukul 09.00 hingga 14.00 WIB. Peserta membuat karya hiasan mushaf dengan surah Al-Ashr ayat 1-3 dilengkapi dengan basmalah pada media kertas A2. Jenis khat pada judul dan keterangan surah adalah khat tsulus, sementara teks surah menggunakan khat naskhi. Adapun kriteria penilaiannya terdiri dari; Kebenaran kaidah khat, Keindahan khat, Desain dan tata warna, Keserasian format karya, Kebersihan dan kehalusan

Bagi para pemenang, panitia telah menyiapkan hadiah berupa medali, sertifikat, dan uang pembinaan senilai:
Juara 1 sebesar tiga ratus ribu, Juara 2, dua ratus ribu dan Juara 3 sebesar seratus ribu.

Dari gelaran Kaligrafi Festival ini, Ketua Panitia, Fauzan, berharap akan muncul talenta-talenta baru di bidang Seni Islami. “Saya berharap bahwa lomba ini menjadi salah satu wadah untuk menemukan bibit atau talenta Seni Islami dari siswa/siswi SMP/MTs agar bisa ditindaklanjuti di tingkat SMA/MA, utamanya bagi mereka yang berminat melanjutkan pendidikan ke MAN Pekalongan.” ungkap Fauzan. (RIP-FH/MTb/bd)