Semarak Pekan Olahraga dan Seni MI se-Kota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Semarang (Humas) – MIN Kota Semarang menjadi saksi dari semaraknya acara Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Tingkat Kota Semarang Tahun 2023 yang diikuti oleh siswa-siswi MI dari 16 kecamatan se-Kota Semarang, Rabu (18/10/2023).

Acara yang diadakan di lingkungan MIN Kota Semarang tersebut menarik perhatian masyarakat sekitar dikarenakan antusiasme yang luar biasa dari peserta lomba.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ahmad Farid selaku Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya olahraga dan seni dalam pendidikan Islam yang menyeluruh, dengan harapan kegiatan ini mampu memperkokoh rasa persatuan diantara siswa-siswi MI di Kota Semarang

Pada bagian selanjutnya, Moch. Fathurronji, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kota Semarang, memberikan pesan yang inspiratif kepada para peserta lomba. Ia mengatakan, semangat sportivitas dan kerjasama tim harus menjadi orientasi terpenting dalam porseni. “Setiap peserta adalah pemenang sejati, bukan hanya berdasarkan medali yang diraih, tetapi juga dari semangat juang dan rasa persaudaraan yang terbentuk melalui kegiatan-kegiatan semacam ini,” ujarnya.

Menurutnya, penanaman nilai-nilai kejujuran, kerja keras, dan kebersamaan dalam Porseni, sebagai upaya pembentukan karakter generasi penerus bangsa.

Beragam kegiatan perlombaan dilaksanakan dalam Porseni kali ini seperti, lomba lari, tolak peluru, voli, bulu tangkis, lompat jauh, lompat tinggi, dan tenis meja. Selain itu, ada pula perlombaan keterampilan bahasa yang tidak kalah menariknya. “Ketika peserta tampil berpidato menggunakan tiga bahasa yaitu bahasa Inggris, bahasa Arab, dan bahasa Indonesia, tampilan mereka sungguh memukau penonton,” terang Nadzib selaku Kepala MIN Kota Semarang.

Tak hanya itu, kemahiran tahfidz Alquran juga dipertandingkan sebagai bagian dari cabang yang diperlombakan dalam Porsei MI Tingkat Kota Semarang Tahun 2023.

Madrasah yang turut memeriahkan acara tersebut diantaranya, MI Darul Ulum, MI Futuhiyyah, MI Taufiqiyah, MI Nurul Islam, MI Mutaalimin, MI Al Amin, MI Roudhotul Huda Sekaran, MI Mangunsari 02, MI Tugurejo, MI Nasrul Fajar, MI Al Islam Gunung Pati, MI Al Imam Banaran, MI Al Asror, MI Al Zam Zam, MI As Syuhada, dan MI Tarbiyatul Khoirot.

Sebagai Ketua Panitia, Nadzib mengungkapkan, bangga terhadap semangat dan antusiasme yang ditunjukkan oleh semua peserta. “Porseni ini bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga tentang semangat kebersamaan dan keuletan dalam mengembangkan keterampilan dan bakat. Kami berharap acara ini dapat menjadi momen yang membekas bagi setiap peserta, mendorong mereka untuk terus berprestasi dan berinovasi di masa depan,” tuturnya.

Kegiatan itu juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan seni dan pertunjukan lainnya, yang menunjukkan potensi dan kompetensi dari para peserta.

Semangat persaudaraan dan kegembiraan terpancar jelas dari wajah setiap peserta yang berhasil menyelesaikan perlombaan dengan keberhasilan yang membanggakan.

Dengan suksesnya acara ini, diharapkan semangat olahraga, semangat mengembangkan keterampilan dan bakat pelajar di Kota Semarang akan terus tumbuh dan berkembang. (fw/Nba/bd)