Semarakkan Hari Literasi Sedunia, MTsN 2 Magelang Menggelar Festival Literasi Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – MTsN 2 Magelang akan menggelar Festival Literasi Madrasah di Gedung Perpustakaan, 28 Agustus s.d 8 September 2022.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan Hari Literasi Nasional, yang jatuh pada tanggal 8 September 2022. Hari Literasi Nasional bertepatan dengan Hari Literasi Internasional (International Literacy Day/ILD) disebut juga Hari Aksara Internasional atau Hari Melek Huruf Internasional.  Diperingati setiap tanggal 8 September, merupakan hari yang diumumkan oleh UNESCO pada tanggal 17 November 1965 sebagai peringatan untuk tetap menjaga pentingnya melek huruf bagi setiap manusia, komunitas, dan masyarakat dan sealu dalam kegiatan belajar.

Kepala Perpustakaan, Sigit Indradi Purnomo, menyampaikan serangkaian kegiatan akan dilaksanakan dalam Festival Literasi Madrasah.

“Menyambut Hari Literasi Nasional tahun ini kita adakan kegiatan yang bertajuk Festival Literasi Madrasah yang akan berlangsung 28 Agustus hingga 8 September 2022. Beberapa kegiatan antara lain Bedah Buku, Pemutaran Film, Lomba Mading, Penghargaan Pemustaka dan live konser Akustik Puisi,” kata Sigit, Kamis, 25/08/2022.

“Kita adakan Bedah Buku kumpulan dongeng karya guru di madrasah ini, juga pemutaran film dengan judul Sepatu Dahlan,” lanjut Sigit.

Melalui kegiatan Festival Literasi Madrasah, salah satu tujuanya adalah untuk meningkatkan budaya literasi baik siswa maupun guru yang berdampak positif bagi prestasi dan kemajuan madrasah.

“Kami berusaha untuk meningkatkan budaya literasi di madrasah. Maka kami adakan kegiatan baik bagi guru maupun siswa, salah satunya bagi siswa kita adakan Lomba Mading antar kelas,” kata Sigit.

Rangkaian kegiatan akan ditutup dengan  pemberian penghargaan Pemustaka dan live konser Akustik Puisi.[Kf/rf/Sua]