Serahkan Rapor, Guru Pesankan Siswa Tetap Rajin Belajar

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Tahun Pelajaran (TP) 2021/2022 telah usai, pelaksanaan evaluasi Penilaian Akhir Tahun (PAT) di setiap jenjang juga telah selesai. Sesuai dengan kalender pendidikan (kaldik), Sabtu (25/6/2022) merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh setiap siswa, karena hari tersebut mereka akan menerima rapor hasil evaluasi pembelajaran selama semester genap dan menjadi penentu mereka layak naik tingkat atau tidak.

Hal ini turut dirasakan Felisya Chelsea Regata salah satu siswa kelas 5 MI Futuhiyyah Palebon. Ia mengungkapkan begitu gugup saat menunggu orang tuanya pulang selepas mengambil rapor.

“Ketika Bapak mengambil rapor, saya deg-degan, kira-kira naik kelas apa tidak ya? Namun setelah rapor diterima Bapak, dibawa pulang dan saya buka, alhamdulillah saya naik kelas 6, bahkan malah mendapatkan peringkat pertama dari seluruh siswa,” ucapnya penuh syukur.

Sedangkan di madrasah setempat, Nur Hidayah selaku guru kelas 5 menuturkan, rapor yang diterimakan kepada para siswa merupakan hasil evaluasi pembelajaran selama semester genap, dan ia bersyukur seluruh siswanya tidak ada yang tinggal kelas. “Alhamdulillah hasilnya semua naik kelas,” ungkapnya.

Tak lupa ia juga menyampaikan pesan kepada orang tua murid, agar selalu mendampingi putra-putrinya untuk tetap rajin belajar, meskipun mereka sudah naik kelas.

“Kami berharap meskipun semua siswa naik kelas, anak-anak tetap belajar, karena di kelas 6 nanti, anak-anak akan menghadapi ujian yang menjadi salah satu syarat kelulusan,” imbuhnya.

Pada tempat yang berbeda, Slamet Agus Wahid selaku Kepala Madrasah juga menyampaikan apresiasi kepada jajarannya yang telah menyelesaikan rapor atau penilaian peserta didik dengan tepat waktu.

“Rapor kami bagikan dan kami tanggali sesuai dengan ketentuan kaldik. Alhamdulillah rapor yang berbasis digital itu bisa dirampungkan oleh semua guru tepat waktu, sehingga bisa diterima oleh siswa sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,” ujarnya. (SAW/NBA/rf)