Siapkan Dokumen SAKIP, Laporan Realisasi Anggaran Harus Cermat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah gelar Rapat Penyusunan Laporan Capaian Kinerja Tahun 2023 Triwulan III, Kamis (12/10/2023) di ruang Rapat PTSP.

Rapat yang dibuka oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Wahid Arbani ini membahas terkait teknis sekaligus inventarisir bahan laporan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Kabag TU berpesan agar setiap Bidang dan Bimas bersinergi, berkolaborasi dalam mencapai hasil maksimal terhadap laporan capaian kinerja triwulan III.

“Pengumpulan tugas itu menjadi tanggungjawab Ortala yang ditopang oleh data dari masing-masing bidang ataupun pembimas. Oleh karena itu kolaborasi dan koordinasi menjadi hal yang sangat penting,” tutur Wahid Arbani.

Sebagai upaya terpenuhinya target capaian kinerja, Kabag TU meminta kecermatan semua tim dalam penyusunan SAKIP. Mengingat sistem ini langsung terintegrasi dengan Kemenag Pusat, diharapkan dapat tercipta penggunaan anggaran yang lebih efektif dan efisien.

“Realisasi anggaran Triwulan III dan IV nanti dilaporkan dalam SAKIP yang terintegrasi ke Kementerian Agama Pusat, mudah mudahan dalam waktu dua bulan ini semuanya segera terealisasi, sehingga seluruh dokumen SAKIP dapat diselesaikan tepat waktu,” lanjutnya.

SAKIP merupakan integrasi sistem perencanaan, penganggaran dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan akuntabilitas keuangan. Sehingga tak hanya berfungsi sebagai media pertanggunjawaban capaian kinerja, tetapi juga sebagai alat pengendalian. (bel)