Silaturahmi Haji Kota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Semarang (Humas) – Ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima, tidak hanya sekedar ibadah fisik dan materi, namun perlu disiapkan mental dan spiritual yang sempurna, sehingga diharapkan para jemaah haji selepas menunaikan ibadah, mampu menjaga kemabrurannya, baik dalam ibadah maupun perilaku kesehariannya.

Oleh karenanya, Kementerian Agama (Kemenag) menggandeng Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) agar menjadi wadah yang mampu dan berpartisipasi aktif dalam membangun umat.

Demikian disampaikan Ahmad Farid selaku Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Semarang, dalam acara Silaturahmi Haji Kota Semarang, Minggu (10/09/2023) di Merapi Balroom PRPP Jateng.

Dalam kesempatan itu, secara simbolis, Ahmad Farid menyerahkan jemaah haji Kota Semarang tahun 2022 dan 2023 kepada Ketua IPHI Kota Semarang. “Kami berharap, IPHI secara berkesinambungan berupaya menjaga kemabruran jemaah haji Kota Semarang, sebagaimana slogan IPHI, Mabrur Sepanjang Hayat,” tuturnya.

Selaku Ketua IPHI Kota Semarang, Maman Suparman akan menjalankan amanah semaksimal mungkin, agar memberikan hasil yang optimal sebagaimana harapan bersama.

“Alhamdulillah, tidak kurang dari 2.500 jemaah haji hadir pada kegiatan ini. Silaturahmi Haji Kota Semarang ini sangat istimewa, karena pertama kalinya digelar di Kota Semarang,” lapornya.

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu atau yang biasa disapa Mbak Ita. Dalam sambutannya, ia menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan Silaturahmi Haji Kota Semarang, yang ikut melibatkan instansi pemerintah dari tingkat kelurahan hingga kota, OPD, Ormas keagamaan, lembaga pendidikan keagamaan, dan stake holder lainnya.

Pada bagian lain, Ali Sofyan, Kepala Bagian Kesejahteraan Kota Semarang selaku penanggungjawab kegiatan mengatakan, kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama antara Pemerintah Kota Semarang dan Kankemenag Kota Semarang.

Sebagai puncak acara, Ustadz Maulana dari Jakarta didapuk untuk memberikan tausiyah kepada peserta silaturahmi.(A.h4ryadi/Nba/bd)