Sinkronisasi EMIS, Akurasikan Data Lembaga Keagamaan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal melalui Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren gelar kegiatan Sinkronosasi EMIS (Education Management Information System) Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren  sebagai upaya peningkatan mutu dan kualitas pendidikan pesantren dan pendidikan keagamaan Islam. Berlangsung di aula lantai 2 Kantor Kemenag, Senin (27/2).

Kakan Kemenag Mahrus menyampaikan salah satu indikator tata kelola kelembagaan pendidikan yang berkualitas adalah dengan data kelembagaan yang valid. Sinkronisasi data EMIS dilaksanakan untuk mengupdate data Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah dan Taman Pendidikan Alquran melalui aplikasi EMIS, hal ini selain untuk memperbarui data juga sebagai laporan ke tingkat provinsi dan pusat.

“Sinkronisasi dan updating data EMIS merupakan bentuk pelayanan dari Kementerian Agama agar lembaga pendidikan ini terdaftar sampai ke tingkat pusat untuk pengambilan kebijakan maupun bantuan operasional,” jelas Mahrus.

Untuk itu, pihaknya sangat mengharapkan operator EMIS maupun pimpinan lembaga keagamaan non formal yang ada di Kabupaten Kendal mengisi data secara akurat dan valid dengan saling bersinergi dan berkoordinasi satu sama lain sehingga kebijakan pengembangan lembaga keagamaan juga akan berjalan dengan baik.

“Akurasikan data lembaga keagamaan baik madin,TPQ, maupun Pontren dengan  baik sebagai upaya penyusunan kebijakan startegis secara tepat. Peran validasi sangat penting sehingga kami harapkan masing masing lembaga keagamaan mempunyai kesadaran dalam mengirimkan data sesuai kesepakatan yang ada karena kami akan memantau secara langsung begitu pula kami akan dipantau dari kanwil maupun pusat,”paparnya. (bel/rf)