KPRI Uswatun Hasanah MAN 2 Rembang Gelar RAT

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 2 Rembang – Bertempat di aula madrasah, KPRI Uswatun Hasanah menyelenggarakan Rapat Anggota Tahun (RAT) Tutup Buku Tahun 2022 pada hari Kamis, 23 Februari 2023.

Ketua PKPRI Kab. Rembang, Ketua Dekopinda Kab. Rembang serta dari Bidang Koperasi Dinas Peridustrian Perdagangan Koprasi dan UMKM kab. Rembang, serta seluruh anggota KPRI Uswatun Hasanah.

Kepala MAN 2 Rembang dalam kesempatan tersebut mendiskripsikan kondisi koperasi saat ini yang baru bergerak di usaha simpan pinjam, sehingga perlu dikembangkan lagi.

Salah satu tantangan yang dihadapai yaitu keberadaan warsis (warung siswa). Agar bisa berkembang bisa dengan mengubah nama menjadi koperasi siswa.

Hal ini sebagai wadah latihan kewirausahaan siswa yg bergerak dibidang jasa penjualan barang perindustrian perdagangan dan boleh utang.

“Untuk itu kami mohon bimbingan dan arahan  dari stakeholder yang terkait seperti PKPRI, Dekopinda, serta Dindagkop UMKM,” kata Kasnawi.

Sementara itu, Ketua Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) Kabupaten Rembang Sya’roni mengapresiasi Koperasi Uswatun Hasanah MAN 2 Rembang.

Menurutnya walaupun nilainya tidak terlalu besar, namun kondisinya sangat sehat. Hal ini karena pengurus bisa telaten dalam mengatur perputaran keuangan.

Ia berharap KRPI Uswatun Hasanah bisa tetap optimis karena jumlah anggotanya naik. Ia mencontohkan koperasi  guru SD yang terus turun karena anggotanya banyak yang pensiun.

Sya’roni menambahkan, berdasarkan Undang-Undang, anggota koperasi adalah pemilik sekaligus pengguna. “Maka seyogyanya anggota juga memanfaatkan keberadaan koperasi, misalnya mengajukan pinjaman,” ujar Sya’roni dalam sambutannya.

Selain itu juga denga usaha pertokoan dengan harga minimal sama dengan toko luar. Menjadi anggota koperasi tidak ada yang tidak enak, minimal bisa bersilaturahmi.

Setelah itu dilanjutkan dengan pengesahan tata tertib, laporan ketua KPRI Uswatun Hasanah oleh Tri Susila. Yang terakhir ada laporan dari badan pengawas yang diwakili oleh Basuki Darsono. -huda/iq/rf