Siswa MI Islamiyah 01 Mengikuti Serangkaian Screening Kesehatan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Siswa Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah 01 Rakit mengikuti kegiatan screening kesehatan anak sekolah bersama Puskesmas 1 Rakit, Selasa (30/8/2022). Kegiatan dimulai dari jam 08.30 WIB sampai dengan selesai. Siti Chomsiah, sebagai ketua team pelaksana kegiatan dari Puskesmas menyampaikan bahwa  Screening ini merupakan agenda rutin yang diadakan oleh pihak Puskesmas 1 Rakit dengan sekolah-sekolah tingkat SD/MI dan SMP/MTS di kecamatan Rakit.

“Selama 2 tahun screening kesehatan anak sekolah dilaksanakan secara online, dikarenakan masa pandemi. Alhamdulillah karena sekarang sudah kondisi normal untuk tahun ini screening kesehatan bisa diadakan secara langsung dan menjadikan hasilnya lebih akurat,” ujarnya.

 “Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk memeriksa status kesehatan siswa, mulai dari status gizi yang diketahui dari tinggi badan dan berat badan nanti dibandingkan dengan umur. Bagaimana status gizinya kurang atau lebih, kurus atau obesitas. Setelah itu, pemeriksaan mata, ada kelainan atau buta warna. Kemudian, pemeriksaan kebersihan diri mulai dari telinga, rambut, kuku, gigi, dan mulut,” imbuhnya.

Kegiatan screening dimulai dari pendataan siswa yang sudah dilakukan sebelum hari pelaksanaan dibantu oleh guru. Hari ini kegiatan Screening dilaksanakan oleh petugas Puskesmas berjumlah enam orang yang dibagi menjadi dua kelompok. Petugas pertama melakukan pengecekan tinggi badan dan berat badan. Selanjutnya, dilakukan uji kelainan mata rabun jauh/dekat. Sementara itu, petugas yang kedua mengecek buta warna dengan meminta anak menyebut angka dari campuran berbagai warna di selembar kertas. Tahap selanjutnya yaitu pengecekan telinga siswa. Kemudian, pada tahap terakhir petugas ketiga khusus mengecek kondisi kesehatan mulut dan gigi siswa.

Siti Barokah selaku Kepala Madrasah menyambut gembira dengan adanya kegiatan Screening ini karena bisa untuk edukasi kesehatan kepada para siswa. “Saya sangat senang dengan kegiatan ini karena bisa untuk memberikan edukasi kepada siswa akan pentingnya kesehatan dan kebersihan diri,” ungkapnya.

Tidak hanya melakukan pengecekan kesehatan, dari serangkaian kegiatan tersebut petugas Puskesmas juga menyampaikan apabila setelah kegiatan ini ditemukan permasalahan pada siswa untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke fasilitas kesehatan terdekat. (af/ak/rf)