Siswa MTs N 1 Banjarnegara Ikuti Ajang EHQ Madrasah Fest 2023 Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Madrasah Fest lahir dari ciri khas pendidikan keagamaan Islam yang ada di Madrasah. Kompetisi ini juga lahir dengan mengusung dan menyuarakan pendidikan agama moderat yang ada di madrasah. Selain itu, kompetisi ini juga dihadirkan sebagai semangat bahwa madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan yang dengan keras menolak persemaian bibit radikalisme dalam dunia pendidikan.

Salah satu bidang yang diperlombakan adalah Explaining Holly Qur’an (EHQ). Explaining Holy Qur’an merupakan lomba yang diselenggarakan untuk mengembangkan kemampuan siswa di madrasah dalam menalar dan menjelaskan kembali makna-makna ayat yang terkandung dalam Al-Qur’an.

Dan berdasarkan surat pemberitahuan dari Dirjen Pendis Kementerian Agama Republik Indonesia dengan nomor B-219/Dj.I/Dt.I.I/HM.01/06/2023 tentang keikutsertaan madrasah di ajang Madrasah Fest , K3M MTs Kabupaten Banjarnegara memutuskan bahwa peserta EHQ adalah kolaborasi dari 3 madrasah dengan formasi pembaca Alquran, pembaca Puitisasi Terjemah dan pensyarah. Azizah Khoirunnisa siswi kelas 9E MTs Negeri 1 Banjarnegara terpilih sebagai pembaca puitisasi terjemah.

Yuniyati selaku pelaksana harian Kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara menyampaikan kebanggaan dan harapannya.

“Alhamdulillah, kita akan berpartisipasi dalam cabang Explaining Holly Qur’an melalui ananda Azizah Khoirunnisa. Tentu saya sangat bangga karena saya tau betul mba Nissa akan dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin.” Ucapnya .

“Saya juga berharap tim EHQ kabupaten Banjarnegara akan dapat lolos ke tingkat nasional. Semoga Allah meridhoi…” sambungnya.

Linara, wakil kepala urusan humas MTs Negeri 1 Banjarnegara yang diberikan tugas untuk turut serta membimbing tim EHQ kabupaten Banjarnegara mengaku sangat antusias.

“Sebuah tugas yang berat namun saya berterima kasih diberikan kesempatan untuk kembali membimbing lomba. Semoga dari bimbingan bersama ini akan memberikan hasil seperti apa yang diharapkan bersama. Semoga Allah memberikan kesempatan kepada kabupaten Banjarnegara lolos ke tingkat nasional. Amiin.” Ucap Linara.

Cabang EHQ dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting pada Kamis (6/7) dengan mengambil tempat di titik zoom 2 kabupaten Banjarnegara yakni di ruang laboratorium komputer MTs Negeri 2 Banjarnegara.

Azizah Khoirunnisa menyampaikan kelegaannya setelah presentasi via zoom berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah tadi semuanya berjalan lancar seperti yang diharapkan. Kita semua berhasil mempresentasikan bagian kita masing-masing tanpa ada kesalahan. Semoga Allah meridhoi, semoga juri suka.” Ungkap Azizah penuh semangat.

Hasil keseluruhan cabang dari Madrasah Fest akan diumumkan pada Jumat, 7 Juli 2023 oleh panitia Madrasah Fest provinsi. (Fy/rf)