Siswa MTs N 1 Pekalongan Ikuti Sosialisasi dan Simulasi AKM

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab. Pekalongan – Sejumlah  165 siswa kelas VIII MTs N 1 Pekalongan, Kamis (11/08/2022) mengikuti simulasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai persiapan untuk mengikuti AKM pada waktunya nanti. Kegiatan ini diselenggarakan bekerja sama dengan tim aplikasi pembelajaran online ruang guru. Kegiatan dilaksanakan di ruang kelas masing-masing dimulai pukul 09.00 WIB.

Kegiatan simulasi AKM ini berbasis android. Semua siswa mengikuti simulasi dengan menggunakan smartphone. Pelaksanaan simulasi AKM dimulai setelah sosialisasi dari tim ruang guru selesai, langsung dilanjutkan dengan simulasi. Kegiatan simulasi  AKM diruang kelas masing.masing yang terdiri dari ruang VIII A hingga VIII F. Tiap kelas dijaga oleh dua orang pengawas dari tim ruang guru. Semua siswa terlihat sangat antusias dalam mengikuti AKM.

Pelaksaan Simulasi AKM untuk siswa di MTs N 1 Pekalongan berjalan dengan lancar. Adapun tujuan dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM ) yakni mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) peserta didik.

“AKM untuk mengukur literasi membaca dapat diartikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia, serta untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.”terang Eni Muhanah selaku Waka Kurikulum.

Bentuk soal Asesmen Nasional terbagi menjadi lima, yaitu berupa pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.(IY-US/Ant/bd).