Siswa MTs Negeri 5 Bakti Sosial Bersihkan Tempat Ibadah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid (Humas) – Siswa MTsN 5 Magelang melaksanakan kegiatan Bakti Sosial Bersih-Bersih Tempat Ibadah pada hari Kamis, 07/03/2024. Sebanyak 15 tempat ibadah meliputi Masjid, Vihara dan Gereja di wilayah Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang dan Dusun Tekelan, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang telah dibersihkan oleh para siswa.

Selain membersihkan tempat ibadah, para siswa juga memberikan alat-alat kebersihan di setiap tempat ibadah yang dikunjungi.

Kegiatan tersebut merupakan implementasi kegiatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin Tema 3 yaitu Bhinneka Tunggal Ika “Toleransi Wujudkan Moderasi”.

“Moderasi beragama dimaksudkan untuk meningkatkan sikap toleransi pada siswa dan lebih menghargai perbedaan agama di lingkungan sekitar,” kata Nursahid, Kepala MTsN 5 Magelang.

Sebelum melaksanakan bakti sosial, para siswa mendapatkan materi dan pengarahan dari Wali Kelas masing-masing. Kegiatan diawali dengan melaksanakan sholat duha dan zikir pagi kemudian berkumpul di halaman sekolah untuk pembagian alat kebersihan serta pengecekan kelengkapan sebelum pemberangkatan.

Tiba di lokasi, peserta didik mendapat pengarahan dari guru dan warga yang menjadi pengurus masing-masing tempat ibadah. Peserta didik juga melakukan wawancara kepada pengurus masing-masing tempat ibadah, serta menempelkan banner bertuliskan tema kegiatan.

Masyarakat mendukung kegiatan ini dengan antusias, walaupun ada juga masyarakat yang berbeda agama. Ketika peserta didik membersihkan tempat ibadah, masyarakat juga ikut mendampingi serta bekerja sama membersihkan tempat ibadah di lingkungannya, bahkan di beberapa tempat masyarakat menyediakan kudapan untuk peserta didik dan guru.

Masyarakat sangat berterima kasih karena dengan adanya kegiatan moderasi beragama yang dilaksanakan oleh MTs Negeri 5 Magelang memberikan manfaat dan kesan positif di lingkungan sekitar. Tempat ibadah yaitu masjid, vihara, dan gereja menjadi lebih bersih dan memiliki alat kebersihan lebih lengkap.

“Saya sangat berterima kasih kepada MTs Negeri 5 Magelang karena telah membantu membersihkan tempat ibadah kami sehingga lebih bersih dan nyaman untuk beribadah,” kata Satiman, pengurus masjid Abu Bakar Dusun Tekelan.(ak/Sua)