SMP Mutual Kota Magelang Gelar Khutbah Wada’ Angkatan IV Di Ballroom Semanggi Hotel Artos

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Sungguh mengagumkan saya duduk disini. Melihat siswa-siswi SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang dengan tampilan adab Islami yang menarik ,” ungkap H. Salamun diiringi senyuman.

Saat ini H. Salamun yang bertugas menjadi Pengawas PAI Kementerian Agama Kota Magelang juga sebagai sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang, tengah hadiri acara Khutbah Wada’ Angkatan IV SMP Mutual di Ballroom Semanggi Hotel Artos, Kamis  (8/06/22).

Ia juga menyampaikan jika belajar di SMP Mutual itu konsep  pendidikan yang di tanamkan itu adalah mengedepankan pengembangan akademis, ketrampilan dan akhlak.

Dirinya mengapresiasi pula pola pendidikan tersebut, sehingga mengatakan bahwa  masyarakat tidak kesasar jika mendaftarkan putra-putrinya disini. Sampai-sampai orang tua harus indent, ditengah sekolah negeri mulai kehilangan peminat.

Senada dengan ulasan diatas, Laila Wulandari selaku sekbid Paud Dikmas Disdik Kota Magelang berpesan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat harus dijaga dengan baik.

”Yang terpenting adalah bagaimana menjaga akhlak dan pembiasaan Islami dalam diri anak, termasuk para guru karyawan sehingga mampu menjadi keteladanan. Dengan demikian kepercayaan masyarakat  akan selalu terjaga dengan baik,” ujar Laila.

Dikesempatan ini, sebanyak 227 peserta yang turut hadir dalam khutbah wada. Mereka adalah kelas IX yang sekaligus merayakan kelulusan dengan penuh kegembiraan.

Istilah Khutbah Wada’ sudah digunakan SMP Mutual pada kali yang ke-V. Tidak lagi menggunakan istilah wisuda, karena di SMP Mutual ada dua program yaitu boarding school dan fullday school.

Hadir pula dalam kesempatan ini sesepuh PDM Kota Magelang H. Abu Ubaidah, BA, Ketua PDM H. Rifki Muhammad, M.Sc., Ph.D, Majelis Dikdasmen PDM Kota Magelang, Kemenag, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang dan juga Komite Sekolah.

Selain ada prosesi purna siswa, hal lain yang menarik yakni penyerahan piala kepada siswa berprestasi baik dari bidang akademik maupun non akademik. Setidaknya di tahun 2022/2023 ada banyak  piala kejuaraan yang diraih oleh siswa SMP Mutual Kota Magelang. (Salamun/Hari/rf).