Sosialisasi PK Online GPAI Jenjang SMP

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Kementerian Agama Kabupaten Temanggung  melalui Seksi Pendidikan Agama Islam melaksanakan Sosialisasi Pemetaan Kompetensi (PK) online guru Pendidikan Agama Islam SMP se Kab. Temanggung bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Kamis (4/5).

Didampingi Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, Hj. Haryatiningsih, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung H. Ahmad Muhdzir mengatakan bahwa PPKB yang digulirkan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama ini bertujuan menyiapkan guru maupun pengawas PAI agar sanggup menghadapi tantangan dan menyelesaikan masalah dalam menjalankan tugas sesuai tuntutan profesinya.

”Guru maupun pengawas PAI merupakan ujung tombak yang perlu mendapatkan perhatian dan pembinaan secara kontinu dari Direktorat Pendidikan Agama Islam dalam rangka penguatan mutu PAI di tengah dinamika dunia pendidikan yang bergerak demikian cepat,” tuturnya.

Karena masih dalam bulan Syawal H. Ahmad Muhdzir menyampaikan pentingnya akan silaturahmi dengan kerabat,sanak saudara dan famili. Tidak kalah penting untuk saling memohon maaf dikeluarganya bahkan dengan suami / istripun kita harus berjabat tangan, bergandengan, karena mereka itu yang bersama kita setiap hari dan tentu banyak kesalahannya. Disampaikan bahwa sebelum lepas jabat tangan seseorang akan runtuhlah jatuh berguguran dosa keduanya.

Sementara Kasi Pendidikan Agama Islam, Hj. Haryatiningsih menyampaikan tentang pelaksanaan Pemetaan Kompetensi online didasarkan pada PMA Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

“PK online yang akan dilaksanakan  pada tanggal 8 Mei 2023  dibeberapa titik sekolah, meliputi 6 kompetensi yaitu kompetensi Paedagogi 1, Paedagogik 2, Paedagogik 3, profesional 1, profesional 2 dan profesional 3 yang akan dimanfaatkan untuk arah pengembangan keprofesian berkelanjutan GPAI tahun 2023,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan untuk sasaran pelaksanaan PK online adalah seluruh guru PAI di semua jenjang dengan harapan PK online dapat terlaksana sesuai harapan. PPKB ini merupakan amanat regulasi yang harus dilakukan untuk peningkatan kompetensi guru PAI.

“Sasaran PK online adalah seluruh guru PAI di Indonesia termasuk di Kabupaten Temanggung. Semoga PK online ini dapat berjalan maksimal dan tepat sasaran,” pungkasnya.(sr/rf)