Suhadak : Terapkan 3 Pesan Ki Hajar Dewantoro

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTsN 1 Rembang — 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Tanggal 2 Mei juga merupakan hari lahir Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantoro. Beliau adalah sosok pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia di Era kolonialisme.

Menristekdikti menetapkan tema hari Pendidikan Nasional 2023 adalah “Bergerak Bersama Semarakan Mendeka Belajar”. Beliau juga menghimbau pelaksanaan upacara dan ragam kegiatan lainnya di peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023.

Menindaklanjuti himbauan Menristekdikti MTsN 1 Rembang menggelar upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional. Dalam pidatonya sebagai inspektur upacara, Akhmad Suhadak Solikin, Kepala MTsN 1 Rembang menyampaikan,  para pendidik/guru diharapkan senantiasa menerapkan semboyan yang dimiliki oleh Ki Hajar Dewantoro yaitu  ing ngarso sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani.

“Dengan harapan para pendidik/guru bisa menjadi contoh atau teladan yang baik, dapat menghasilkan prakarsa dan ide bersama murid serta menjadi pembimbing dan motivator bagi para murid,” kata Suhadak.

Tak lupa beliau juga menyampaikan pesan dan harapannya pada para murid, selaras dengan tema Hardiknas 2023 Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar, melalui merdeka belajar para murid dapat mengoptimalkan kemampuan sesuai bakat dan minatnya dengan harapan dapat memberikan kontribusi karya yang terbaik bagi bangsa.

Upacara diikuti oleh segenap guru, karyawan dan siswa. Peserta mengenakan baju adat sesuai dengan imbauan pemerintah. (dwi/iq/rf)