Supervisi Administrasi Guru PAI Untuk Wujudkan Proses Belajar Yang Inovatif

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Administrasi pembelajaran merupakan seperangkat kegiatan yang diketahui dan dimiliki oleh seorang guru untuk proses pembelajaran. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien.

Hari ini, Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP, SMA/SMK Kankemenag Kota Magelang melakukan supervisi dalam rangka berikan bimbingan dan pembinaan terhadap penyiapan administrasi pembelajaran bagi guru PAI di SMP Negeri 3, (Rabu,7/9).

Dihadapan Kepala SMP Negeri 3 yang juga Ketua MKKS SMP, Pengawas PAI SMP, SMA/SMK,  menyampaikan bahwa administrasi guru bisa dijadikan bahan untuk melakukan perubahan atau inovasi.

“Jadikan admnistrasi guru untuk melakukan perubahan dan memberikan kesempatan untuk berinovasi dalam pembelajaran masa pasca pandemi seperti ini. Karena pembelajaran saat ini  menuntut guru mengetahui media digital dengan tetap memperhatikan setiap individu siswa punya potensi masing-masing di kelas,“ ujar Salamun

“Melalui kegiatan Supervisi dan verifikasi ini, administrasi guru diharapkan lebih berkualitas dan  dapat menemukan solusi terhadap problem yang ada. Bahan evaluasi untuk kegiatan pembejaran dan buku kronik guru sebagai salah satu contoh inovasi dalam upaya pembiasaan menulis di masa Pasca Pandemi Covid 19 ini untuk lebih memahami kebutuhan setiap siswanya,” imbuhnya

Pada kesempatan ini pula Salamun yang juga sebagai pengurus Dewan Pendidikan Kota Magelang menyampaikan pentingnya administrasi guru sebagai langkah berkreasi dalam pembelajaran era Pasca Pandemi Civid 19. Pembelajaran yang semula tatap muka (luring), akibat pandemi tersebut berubah dengan banyak dilakukan secara online (daring) dan sekarang sudah mulai tatap muka lagi.

Supervisi terhadap guru PAI ini dilakukan secara maraton mulai dari di SMP N 1, SMP N 2, dan SMP N 3 Kota Magelang, dengan sasaran 46  guru mata pelajaran PAI. (Slamun/Hari/rf).