Supervisi, Pengawas Madrasah Sampaikan Refleksi dan Pembinaan Di MIN 3 Kebumen

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen, Melaksanakan supervisi pembelajaran di MIN 3 Kebumen, Pengawas Madrasah Sampaikan Pembinaan dan Refleksi .

Dalam rangka mengimplementasikan program kerja, Pengawas Madrasah Ibtidaiyah melaksanakan supervisi pembelajaran di MIN 3 Kebumen, Senin 12 September 2022. Pada kesempatan tersebut Hayat Sholihanto menekankan pada tiga (3) instrumen yang disupervisi yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran.

Supervisi perencanaan pembelajaran dilaksanakan untuk semua guru, terutama guru PNS dan guru yang telah mendapatkan TPG. Sedangkan supervisi pelaksanaan pembelajaran di kelas hanya  diambil beberapa guru sebagai sampel. Hal ini dilakukan karena banyaknya guru yang harus disupervisi dan ketersediaan waktu yang terbatas.

Kegiatan supervisi ditutup dengan refleksi dan pembinaan pengawas menyampaikan hasil supervisi. Ada beberapa hal yang menjadi sorotan pengawas, diantaranya dalam penyusunan RPP yang harus disesuaikan dengan pembelajaran Abad 21.

“Ada beberapa komponen yang perlu dilengkapi, pada pembelajaran Abad 21 guru harus memastikan kegiatan pembelajaran yang mampu mengintegrasikan berbagai nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang terdiri dari nilai; religius, nasionalisme, kemandirian, tanggung jawab, dan kejujuran. Penerapan Literasi dasar yang terdiri dari; baca, tulis, hitung, sains, finansial, dan budaya. Peningkatan keterampilan Abad-21 yang terdiri dari 4 C; Colaboration, Comunicative, Creative thingking, dan Critical thingking” ujar Hayat Sholihanto.

“ Dengan supervisi ini harapan saya dapat lebih meningkatkan kreatifitas guru, dalam melaksanakan pembelajaran Abad 21. Apalagi guru disini masih muda – muda” imbuhnya.(mt/fz/bd).