Tampil Memukau, 12 Siswa MTs Negeri 1 BerhasilĀ  Membawakan Tarian Acer, Ratoh Jaroe

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara  – Jumat (29/7) sore dengan mengenakan kostum tarian khas Aceh, tim tari MTs Negeri 1 Banjarnegara turut mengisi acara pada kegiatan pengajian umum. Pengajian umum ini diadakan oleh Pemerintah Daerah Banjarnegara (Pemda) dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1444 Hijriyah. Acara ini dilaksanakan di halaman masjid Annur Banjarnegara.

Membawakan tari Ratoh Jaroe yang merupakan tari kreasi dari Aceh, para penari dari MTs Negeri 1 Banjarnegara menyambut para tamu yang hadir. Tamu yang dimaksud tersebut tidak lain adalah jamaah pengajian umum. Tari Ratoh Jaroe ini merupakan tari yang ditampilkan untuk menyambut tamu, jadi tarian ini sangat cocok ditampilkan pada praacara. Tari Ratoh Jaroe ditampilkan setelah penampilan rebana.

“Sengaja kami menampilkan tari Ratoh Jaroe ini karena memang kami tampil di praacara. 12 penari ini juga pernah menampilkan tari serupa di berbagai acara karena memang sangat cocok untuk menyambut tamu. Mereka sudah sering latihan jadi kapanpun mereka tampil sudah siap,” jelas Haki, pembimbing tari MTs Negeri 1 Banjarnegara.

Khadir, kepala bidang Kominfo Pemerintah Daerah Kabupaten Banjarnegara yang terkesan dengan penampilan rebana dan tari dari MTs Negeri 1 Banjarnegara. Setelah mendengarkan lantunan qasidah dari rebana, selanjutnya menyaksikan tarian Ratoh Jaroe yang memukau. Beliau mengatakan bahwa kapan-kapan ingin mengundang kembali MTs Negeri 1 Banjarnegara untuk mengisi acara.

“Ini tarian dari Aceh ya, Bagus! Kapan-kapan saya undang lagi ya tim rebana dan tari MTs Negeri 1 Banjarnegara di acara-acara berikutnya,” pungkas Khadir. (Rin/ak/rf)