Tanamkan Kedisiplinan, Babinsa Koramil Purwanegara Latih PBB Siswa Mts Ath Thahihriyah Pucungbedug

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Babinsa Koramil Purwanegara, Tarkhim, melaksanakan pembinaan bela negara diikuti oleh 157 dari siswa Kelas VII sampai Kelas IX bertempat di lapangan Pucungbedug, Purwanegara, Banjarnegara, Kamis (20/7/2023)

Kepala Madrasah Drs. Sobahul Mundji menyampaikan bahwa latihan PBB ini guna memantapkan karakter bangsa dan pendidikan pendahuluan bela negara, agar para siswa mengerti tujuan latihan ini untuk menanamkan rasa tanggung jawab, cinta tanah air, pengamalan Pancasila dan UUD 45. “Dengan cara ini diharapkan mereka akan makin mampu meningkatkan rasa nasionalisme, serta memiliki jiwa korsa, persatuan dan kesatuan dalam mendukung tugas sekolah.” ujar Sobahul.

Latihan yang diberikan Tarkhim itu berupa latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan dan Dasar-dasar Kedisiplinan serta latihan tata upacara bendera. Selain itu beliau juga mengisi mereka dengan pembekalan nilai-nilai pengamalan Pancasila dan sejarah perjuangan bangsa.

”latihan PBB ini juga dapat memantapkan karakter bangsa dan pendidikan pendahuluan bela negara, agar para siswa mengerti tujuan latihan ini untuk memperkuat rasa tanggung jawab, cinta tanah air, pengamalan Pancasila dan UUD 45. Dengan cara ini diharapkan mereka akan semakin mampu meningkatkan rasa nasionalisme, serta memiliki jiwa korsa, persatuan dan kesatuan dalam mendukung tugas sekolah,” ujar Tarkhim

Dalam kegiatan tersebut Astotoadi selaku Waka Kesiswaan mengatakan yang diberikan kepada siswa siswi MTs Ath Thahiriyah Pucungbedug yaitu materi tentang empat pilar kebangsaan, pengertian dan pemahaman Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

“Saya juga sampaikan sikap disiplin, rapi dalam berpenampilan, karena untuk menjadikan bagian pendidikan yang berkarakter pada generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa,” jelasnya. Ak/ast/rf