Tasyakuran Gedung Baru Diharapkan Meningkatkan Pelayanan Masyarakat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Plt. Kemenag Brebes H. Mad Soleh menghadiri acara tasyakuran penggunaan gedung baru Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor KUA Kecamatan Tanjung, Senin, (11/09/2023). Gedung tersebut sebagai program Kemenag pusat untuk mengoptimalkan pelayanan KUA di setiap daerah secara nasional.

Bangunan representaif berdiri diatas tanah seluas 1272  meter persegi  termasuk mewah untuk dipandang di antara bangunan sekotarnya. Hal ini di sampaikan Plt. Kemenag Brebes melihat secara langsung kondisi gedung kantor KUA Kec. Tanjung. Beliau sangat bersyukur kerjasama dan kolaborasi antara Kemenag, Konsultan, Pelaksana proyek pembangunan berjalan secara baik, hal ini dibuktikan dengan terlaksananya pembangunan gedung ini tepat waktu.

Perlu diketahui, tanah Balai Nikah dan manasik haji Kantor KUA Kec. Tanjung merupakan tanah milik negara atas nama Kementerian agama yang di beli dari masyarakat. Koordinasi yang baik antara Kemenag dan stakeholder dalam rangka pembangunan gedung bantuan SBSN KUA Kec. Tanjung.

“Saya berharap dengan berdirinya gedung baru ini pelayanan KUA bisa lebih maksimal. Selain itu gedung megah ini dapat digunakan dan di rawat sebaik mungkin,” sebut H. Mad Soleh.

“Beruntung Kecamatan  Tanjung pada tahun 2023 mendapatkan anggaran pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik haji melalui skema SBSN.   Sangat Wajar saja kalau kantor KUA Kec. Tanjung memperoleh pembangunan tersebut, mengingat salah satu alasan yang mendukung keberadaan kantor yang lama tidak bisa memberikan pelaksanaan maksimal karena masih mengunakan tanah wakaf miliki masjid dan areanya kurang representatif, sehingga cukup membuat repot dan menyulitkan masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan pada Kantor KUA tersebut. Selain itu persitiwa pernikahan di wilayah ini tidaklah sedikit disetiap bulannya,” jelasnya.

Program SBSN terus berjalan hingga tahun 2045, proyek ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Untuk tahun 2023 kantor Kemenag Brebes mendapatkan jatah kembali sebanyak 1 proyek yaitu Balai Nikah dan Manasik Haji KUA kecamatan Tanjung, Proyek  lanjutan tersebut diharapkan berjalan lancar sehingga pelayanan masyarakat bisa terus bertambah baik.

Dalam acara tasyakuran tersebut mengundang forkompinca kecamatan Tanjung, Kepala KUA se-Kabupaten Brebes, dan penghulu sekabupaten Brebes serta kepala desa dan perangkat serta warga tetangga sekitar Kantor KUA Kec. Tanjung.(hid/Sua)