Tertibkan Data Kepegawaian Melalui SIMPEG 5 dan SIMPI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
* Kakankemenag Kab. Batang HM. Aqsho didampingi Kepala MAN Batang H.A.M. Alwi, Pejabat Analis Kepegawaian Nur Fuadi dan operator SIMPEG 5 Okjihad Dewantoro sedang membuka acara sosialisasi dan bimbingan teknis pengisian aplikasi SIMPEG 5 dan SIMPI di laboratorium Komputer MAN Batang

Batang – Untuk melaksanakan kebijakan dari kepegawaian yang menyangkut dengan data diri ASN, Kemenag Kab. Batang menggelar kegiatan sosialisasi pengisian aplikasi Simpeg 5 dan Simpi di laboratorium computer MAN Batang pada Rabu (22/06) kemaren. Kegiatan yang diselanggarakan secara luring dan daring dengan zom meting ini dibuka secara resmi oleh Kakankemenag. Hadir dalam acara pembukaan Kakankemenag didampingi Kepala MAN Batang dan para Kasi.

Dalam sambutan pembukaanya Kakankemenag Kab. Batang HM. Aqsho menyampaikan ucapan terimakasih pada Kepala MAN Batang yang telah menyediakan tempat berikut fasilitasnya untuk kegiatan ini.

“ Sedianya kegiatan ini akan diselenggarakan di kantor, tapi karena membutuhkan perangkat laptop atau computer pesertanya maka dialihkan di MAN Batang ini yang telah ada laboratorium komputernya, untuk itu saya menyampaikan terimakasih pada Kepala MAN Batang,” kata HM. Aqsho.

Selanjutnya dia menuturkan bahwa kita sebagai ASN Kemenag harus benar-benar menyukuri nikmat dari Allah ini dengan melaksanakan kewajiban-kewajibannya secara baik dan amanah ini jangan kita sia-siakan .

“ Sebagai ASN Kemenag kita harus benar-benar bersukur kepada Allah SWT atas nikmat ini, bagaimana tidak kita telah mendapatkan gaji, uang makan, maupun tunjangan yang cukup besar, maka rasa sukur itu harus kita wujudkan dengan melaksanakan kewajiban kita dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Dia juga mengajak pada seluruh ASN Kemenag Kab. Batang untuk benar-benar menjaga performa dan meningkatkannya seperti pemakaian seragam dengan seluruh identitasnya juga attitude kita baik ditempat kerja maupun di masyarakat.

“ Sebagai bagian dari kementerian yang lekat dengan agama, kita harus benar-benar menjaga performa kita selama di tempat kerja maupun luar, memakai seragam beserta atributnya juga yang tepat dan baik dipandang, selain itu kita juga harus menjaga attitude kita agar tidak dinilai ngerti agama namun attitudenya kurang pas. Kita harus menyadari bahwa ASN Kemenag itu sebenarnya tidak kalah pamor dengan ASN lain karena ada hak yang kita terima ditempat yang lain tidak,” ajaknya.

Berkaitan dengan Simek 5 dan Simpi yang hari ini akan disosialisasikan, Kakankemenag meminta untuk mengikuti secara seksama agar proses update data pribadi itu benar adanya. Menurutnya Simpeg ini memang mengalami perkembangan dengan cepat baru beberapa waktu lalu simpek2, simpeg 3, simpeg 4 dan kini telah simpeg 5.

* Para peserta Sosialisasi dan bimbingan teknis pengisian SIMPEG 5 dan SIMPI tampak antusias mengikuti arahan dari Kakankemang dan Analis Kepegawaian

“ Secara mandiri kita input data-data kita secara hati-hati agar tidak terjadi kesalahan data, kita harus sukseskan kebijakan kepegawaian ini, karena ini adalah sawah kita maka untuk diurus dipelihara sendiri dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Dibagian akhir Kakankemang juga menggambarkan tentag program Kemenag yang harus diketahui dan support oleh seluruh ASN. Dia mengatakan bahwa Kemenag memiliki program yang harus disengkuyung oleh kita semua  diantaranya revitalisasi KUA , Moderasi beragama dan juga tahun ini dicanangkan sebagai tahun toleransi.

Sementara itu Pejabat analis kepegawaian Nur Fuadi dalam pengantarnya menyampaikan bahwa acara ini digelar sebagai sosialisasi dan panduan pengisian data diri disimpeg 5 maupun simpi bagi ASN. Menurutnya simpeg 5 dan simpi benar-benar ada keterkaitannya maka seluruh ASN untuk memahami secara komprehensip . i

“ Acara ini dimaksudkan untuk menyosialisasikan cara pengisian data baik di simpeg 5 maupun simpi secara mandiri, input data secara pribadi itu harus benar mengikuti langkah-langkah yang nanti akan dipandu, terkandung maksud agar tidak salah, karena bila salah maka menunggu lama lagi untuk menggantinya, maka ikutilah acara ini sampai selesai agar cara pengisian dan cara mengaplut datanya benar,” tegas Nur Fuadi.

Dia juga menyampaikan bahwa data SKP tahun 2019, 2020 dan 2021 serta sertifikat yang mempunyai oleh ASN yang diminta oleh kepegawaian minggu yang lalu itu untuk segera di kirim karena masih kita tunggu sampai tanggal 30 Juni yang akan datang dikoordinir masing-masing satker.

“ Kepegawaian beberapa waktu lalu meminta sken PDF data SKP tahun 2019, 2020 dan 2021 sampai hari ini baru sekitar 50% yang telah mengumpulkan untuk itu kami masih menunggu seluruh ASN mengumpulkannya ditunggu sampai tanggal 30 Juni kedepan, ini sangat penting sebagai file induk data ASN di kepegawaian,” terangnya. (Zy_humas/rf)