Tim Kemenag Kota Semarang Lakukan PKKM di MI Islamiyah Pancakarya

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Sebagaimana pernah disampaikan oleh Moch. Fatkhuronji Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Dikmad) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang pada kegiatan apel pagi yang digelar di halaman kantor, Senin (17/10/2022), saat ini ia bersama timnya sedang melaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) periode 4 tahunan.

Hari ini, Kamis (20/10/2022), sesuai penugasan dari Kepala Kankemenag Kota Semarang, Moch. Fatkhuronji beserta pengawas madrasah Mafruhatun dan Noer Chasanah, melakukan penilaian di MI Islamiyah Pancakarya Kecamatan Semarang Timur.

Pada kesempatan tersebut, Moch. Fatkhuronji selaku Ketua Tim menyampaikan, PKKM merupakan program Kemenag RI, yang bertujuan meningkatkan kinerja kepala madrasah dan kualitas madrasah.

Ia menerangkan, instrumen penilaian kinerja 4 tahunan kepala madrasah terdiri dari lima aspek yaitu, usaha pengembangan madrasah, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan hasil kinerja kepala madrasah.

Mafruhatun menambahkan, madrasah konsisten dalam mengimplementasikan 5 aspek tersebut dalam pelaksanaan tugas dan fungsi kepala madrasah. “Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Ibu Nur Hayati selaku Kepala Madrasah beserta jajarannya, berkas yang telah disiapkan sedemikian rupa untuk memenuhi penilaian atas intrumen yang dipersyaratkan telah dipersiapkan dengan baik,” ujarnya.

“Kami berharap, tak sekedar hitam di atas putih, tetapi kami berharap, 5 aspek tersebut diterapkan betul, guna mewujudkan madrasah yang berkualitas,” tandasnya.

“Kepala madrasah memiliki peran yang sangat penting. Seorang kepala madrasah harus bisa menjadi contoh, panutan, teladan bagi warga madrasah, mampu menyatukan seluruh unsur yang ada, serta menggerakkan seluruh elemen madrasah agar menjadi lembaga pendidikan yang berkualitas, hebat, dan bermartabat,” ungkapnya.

Pada bagian lain, Nur Hayati selaku Kepala MI Islamiyah Pancakarya yang dinilai mengucapkan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada seluruh guru dan tata usaha yang telah turut serta dalam membantu menyukseskan kegiatan PKKM ini. Ia berharap hasil penilaian memuaskan sebagaimana yang dicita-citakan keluarga MI Islamiyah Pancakarya.(Atun/NBA/bd)