Tim Monev Kanwil Kemenag Jateng Kunjungi KUA Magelang Tengah & KUA Magelang Selatan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Tim Monev Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah hari ini lakukan monitoring dan evaluasi (monev) di dua tempat sekaligus, yakni KUA Magelang Tengah dan KUA Magelang Selatan, (Rabu,7/9).

Monev ini ditujukan untuk mengetahui kinerja Penyuluh Agama Islam (PAI) Non PNS. Hadir dalam kegiatan ini seluruh PAI Non PNS dan Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) yang terbagi di 2 lokasi berbeda. Selain itu, didampingi pula Kepala Kankemenag. Kasi Bimas Islam serta Kepala KUA Kecamatan yang berketempatan.

Saat membuka acara, Kepala Kankemenag Kota Magelang mengucapkan terimakasih dan menyampaikan apresiasinya baik kepada tim Monev maupun PAI Non PNS.

“Saya mengucapkan terimaksih atas kesediaan tim Monev dari Kanwil yang telah mengunjungi Kota Magelang. Saya juga mengapresiasi atas kedisiplinan dan dedikasi PAI Non PNS yang telah melaksanakan tusinya dengan maksimal. Kini, eksistensi penyuluh sudah diakui oleh masyarakat dalam memberikan informasi keagamaan, sosial, dan dakwah Islamiyah,” Ujar Sofia Nur.

Usai memeriksa berkas dan dokumen pendukungnya, Umma Farida salah satu tim Monev mengatakan “Laporan dan berkas pendukung yang dibuat oleh rekan-rekan penyuluh telah lengkap dan bagus, mendekati sempurna. Pertahankan ini, syukur-syukur berinovasi agar menjadi lebih baik,” katanya menyemangati.

Sebelum mengakhiri, tim monev mempersilahkan PAI Non PNS memperkenalkan diri dan mengilustrasikan spesialisasi yang dibidangi secara bergantian. Hal ini sengaja dilakukan untuk mengetahui kompetensi PAI Non PNS sesuai standar Keputusan Dirjen Bimas Islam Nomor 504 Tahun 2022.

Dalam kesempatan ini pula, tim monev menjaring saran dan gagasan dari PAI Non PNS serta mendiskusikan berbagai hambatan yang ditemui. Harapannya, dengan dialog semacam ini menjadi ajang untuk mencari solusi terhadap masalah yang ada, dan juga menemukan inovasi untuk peningkatan kualitas kinerja. (Hari/rf).