Tim Reviewer AKMI Kemenag RI Tinjau Pelaksanaan AKMI di MTs N 2 Banjarnegara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Tim Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) dari Kementerian Agama RI meninjau pelaksanaan AKMI di MTs Negeri 2 Banjarnegara, Selasa (27/9). Kunjungan ini di hadiri langsung oleh Faisal Pribadi S,S.Pd,M.Pd, selaku pihak monitoring AKMI Kemenag RI dari Program GTK REMEQR.

Tujuan kedatangan tim monitoring Kemenag RI yaitu untuk mengukur potensi peserta didik madrasah dalam literasi membaca, literasi numerasi, literasi Sains, dan literasi sosial budaya.

Kegiatan AKMI bertujuan untuk mengevaluasi penilaian kompetensi bagi peserta didik Madrasah di bawah naungan Kementerian Agama RI. AKMI diperuntukkan untuk jenjang MI, MTs dan MA di setiap Kabupaten/Kota.

MTs Negeri 2 Banjarnegara yang ditunjuk sebagai salah satu madrasah piloting pelaksanaan AKMI tahun 2022 dari perwakilan Kabupaten Banjarnegara diikuti oleh siswa kelas VIII berjumlah 324.. AKMI dilaksanakan selama empat hari, mulai 24 sd 28 September 2022, dengan dua sesi setiap harinya.

Saat menemui oprator AKMI MTs Negeri 2 Banjarnegara Mujib Abdilah dan Eko Riskiyanto menanyakan teknis pelaksanaan secara detail tanpa ada ketegangan sebagaimana mestinya dimonitoring. Beliau mengapresiasi kinerja operator yang baik sehingga tidak terjadi kendala.

“Pada dasarnya pelaksanaan AKMI secara onlin atau semi online sama-sama ok jika dilaksanakan model dua-duanya. Karena jika semi online hanya menggunakan server madrasah. Jika online bisa digunakan server pusat,” ujar Faisal Pribadi saat menemui tim operator AKMI.

Dijelaskan kembali oleh Eko Riskiyanto selaku operator server 3 secara umum antara simulasi dengan pelaksanaan sekarang secara teknis tidak ada kendala sama sekali hanya ada trobel login yang kadang keluar sendiri dari aplikasi.

“Secara umum tidak ada kendala antara simulasi dengan pelaksanaan, hanya trobel login saja yang dialami peserta didik tetapi bisa segera diatasi,” pungkas Eko Riskiyanto selaku operator. (en/rf)