Tim Sosialisasi PMB UIN Gus Dur Ajak Siswa SMA PGRI Taman untuk Semangat Lanjutkan Kuliah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KOTA PEKALONGAN – Tim Sosialisasi PMB UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan adakan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2023 di SMA PGRI 1 Taman Pemalang pada Kamis, 02 Februari 2023.

Tim Sosialisasi ini terdiri dari 5 orang yakni 3 dosen (Pratomo Cahyo K., Syifa Rohmah, dan Nurul Hikmah S.) dan 2 orang mahasiswa (Elsa Tiara dan Ana Chonitsa). Adapun peserta sosialisasi berjumlah 5 kelas dengan rincian 3 Kelas IPA dan 2 Kelas IPS.

Sosialisasi PMB ini terdiri dari beberapa sesi. Sesi pertama adalah pengenalan profil UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan beserta deskripsi fakultas dan jurusan. Sesi kedua adalah penyampaian profil lulusan. Kemudian sesi yang terakhir adalah pemberian motivasi kepada siswa-siswi kelas XII agar memiliki semangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Secara lebih detail, sesi pertama disampaikan oleh Nurul Hikmah S. selaku Dosen Fakultas Syariah. Pada pembukaan kegiatan ini, Hikmah memaparkan profil UIN Gus Dur. Setelah itu ia menyampaikan kelebihan UIN Gus Dur kepada para siswa.

“Diantara kelebihan kampus yang mempunyai dua kampus di Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan ini adalah bahwa UIN Gus Dur menjadi satu-satunya PTKIN di eks karesidenan Pekalongan, UKT mulai dari Rp. 0 – Rp. 5.500.000, dan UIN Gus Dur memiliki kemitraan dengan berbagai instansi dan lembaga yang kredibel dan kompeten.” paparnya.

Sesi kedua disampaikan oleh Syifa Rohmah sebagai Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pada kesempatan ini, Syifa menyampaikan mengenai profil lulusan per-tiap-tiap jurusan di UIN Gus Dur secara detail. Persoalan yang lazimnya ditanyakan oleh masyarakat adalah mengenai kejelasan profil lulusan jurusan-jurusan yang ada di Fakultas Ushuluddin. Sebagai contoh profil lulusan jurusan Tasawuf Psikoterapi. Kaitannya dengan Syifa menekankan bahwa semua jurusan di UIN Gus Dur memiliki profil lulusan masing-masing termasuk jurusan Tasawuf Psikoterapi.

“Profil jurusan ini di antaranya adalah menjadi Pendidik, Trainer Psikoterapis, Motivator Spiritual di Bidang Entrepreneurship, Penyuluh Agama Islam, Konselor Rehabilitasi Sosial, dan masih banyak lagi. Harapan dengan disampaikannya informasi mengenai profil lulusan ini adalah bayangan di masa depan akan menjadi apa tidak perlu dikhawatirkan.” jelasnya.

Sesi terakhir dipaparkan oleh Pratomo sebagai Dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pada kesempatan ini, Pratomo memberikan motivasi kepada para siswa SMA PGRI 1 Taman agar memiliki mental pembelajar yang tidak cepat puas. Yang dimaksud dengan mental ini adalah agar para siswa sebaiknya jangan hanya puas sekolah sampai di jenjang SMA saja namun membangun mental pembelajar yang melanjutkan pengalaman belajar di jenjang perkuliahan. Di sela-sela pemberian motivasi, Pratomo juga melakukan ice breaking dengan permainan tebak-tebakan agar siswa tidak bosan dengan materi sosialisasi.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, Tim dari UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan juga memaparkan berbagai informasi mengenai beasiswa-beasiswa apa saja yang bisa diperoleh jika para siswa menjadi mahasiswa UIN Gus Dur. Beasiswa tersebut mulai dari Program Bantuan KIP dari Pemerintah, Beasiswa Tahfidzul Qur’an, Beasiswa Kajian Keislaman, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Baznas Provinsi Jawa Tengah, dan masih banyak lagi.

Tim Sosialisai PMB UIN Gus Dur di akhir sesi sosialisasi menyampaikan dan menekankan kepada para siswa siswi SMA PGRI 1 Taman agar tidak perlu takut untuk melanjutkan kuliah hanya karena terkendala biaya. Hal tersebut karena nyatanya UIN Gus Dur menawarkan solusi dengan menyediakan ragam beasiswa terutama bagi mahasiswa yang terkendala ekonomi namun memiliki prestasi akademik yang baik. (PK/ANT/bd).