Tingkatkan Soliditas, Perencana se-Eks Karesidenan Semarang Gelar Rakor

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Kamis (11/8/2022) Oktanto Adi Murtono Perencana Ahli Pertama dan Andina Kartika Sari Perencana Ahli Muda Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang mengikuti rapat koordinasi (rakor) perencana se-Eks Karesidenan Semarang, yang digelar di RM Jati Rasa Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal.

Oktanto menuturkan, penyelenggara rakor kali ini adalah Kankemenag Kab. Kendal. “Pertemuan kali ini dari Kemenag Kab. Kendal, dan alhamdulillah 13 perencana se-Eks Karesiden Semarang bisa hadir,” tutur Tanto panggilan akrab pria berjambang tersebut.

Kegiatan dipimpin oleh Ketua Kelompok Kerja Perencana se-Eks Karesiden Semarang, Suali Perencana Madya Kankemenag Kabupaten Demak. Dalam sambutannya, ia mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan rakor yang telah dapat digelar secara rutin. “Alhamdulillah rakor perencana se-Eks Karesidenan Semarang bisa terlaksana secara rutin setiap 2 bulan sekali, dimana melalui kegiatan ini kita bisa saling bersilaturahmi dengan perencana lainnya, dan juga saling bertukar informasi kekinian terkait perencanaan dan pelaksanaan anggaran di lingkungan Kemenag,” tuturnya.

Ia pun berharap, dengan terwujudnya pertemuan rutin ini bisa meningkatkan soliditas perencana, utamanya perencana se-Eks Karesidenan Semarang.

“Jika ada yang mengalami kesulitan atau kendala dalam pelaksanaan tugas dan fungsi (tusi) atau dalam hal pengajuan kenaikan pangkat, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya kepada rekan perencana lainnya. Disini kita semua adalah keluarga, jadi pasti saling membantu,” ujarnya.

Ada beberapa hal yang menjadi pokok pembahasan dalam rakor tersebut diantaranya, adanya pemindahan belanja gaji pegawai pada tahun 2023 yaitu kesemuanya akan masuk dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Sekretariat Jenderal (Sekjen) masing-masing Kabupaten/kota, dan terkait pembukan blokir Automatic Adjustment (AA) khususnya pada Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Islam (Pendis) yang semula diinformasikan akan dilaksanakan pada minggu ke-2 bulan Agustus 2022, belum dapat dilaksanakan, karena masih menunggu konfirmasi dari Direktorat Jenderal Anggaran (DJA).

“Tadi dijelaskan jika saat ini untuk belanja pegawai, masih pada proses pendataan data base gaji pegawai sebagai bahan koordinasi di tingkat Eselon I,” terang Andina.

Selain itu, dalam rakor tersebut diinformasikan pula updating data formasi perencana se-Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Prov. Jateng. “Informasi formasi tersebuat dimaksudkan untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam rangka penambahan formasi perencana pada masing-masing satuan kerja (satker) agar dapat mendukung jenjang karir bagi fungsional perencana yang sudah ada pada masing-masing satker,” kata Tanto.

Dalam rakor tersebut, dibahas pula mengenai penulisan artikel dan Daftar Pengusul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) perencana, serta pembentukan kelompok penulisan Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) perencana se-Eks Karesidenan Semarang.(Dina/Tanto/NBA/bd)