Tumbuhkan Jiwa Wirausaha, MAN 2 Banjarnegara Gelar Karya Siswa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara-Dalam rangka menumbuhkan jiwa wirausaha dan mengembangkan kreativitas siswa khususnya di bidang fashion, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Banjarnegara menyelenggarakan Gelar Karya Siswa Tata Busana di halaman indoor MAN 2 Banjarnegara  pada Rabu (01/2/2023).

Kepala MAN 2 Banjarnegara, Ridlo Pramono menjelaskan, acara ini menjadi agenda rutin setiap tahun untuk memberikan pengalaman baru pada anak didik MAN 2 Banjarnegara.

“Hal ini untuk memupuk kemandirian dan jiwa wirausaha siswa serta diharapkan dapat memunculkan karya-karya baru yang dapat diterima oleh masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan ini diikuti oleh 34 siswa dari jurusan keterampilan tata busana yaitu XII IPA KTB dan XII IPS KTB. Setiap siswa dalam rancangan busananya memakai kain khas di sekitar Banjarnegara seperti batik.

Koordinator kelas keterampilan tata busana, Rokhimah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Madrasah dan seluruh jajaran MAN 2 Banjarnegara  yang telah memberikan dukungan untuk acara gelar karya siswa ini. “Kami berharap kegiatan ini dapat mengasah ide kreativitas dalam menciptakan dan memacu para peserta didik untuk memamerkan karya-karyanya di lingkungan publik yang berhubungan dengan inovasi dalam bidang keterampilan tata busana, “ ungkapnya.

Dikatakan Rokhimah dalam upaya memperlihatkan penampilan yang baik dalam berbusana tidak harus mengenakan busana yang mahal atau bermerek kelas dunia, melainkan harus rapi, bersih, sesuai dengan situasi dan kondisi serta tujuan pertemuan.

”Oleh karena itu dengan adanya kegiatan ini saya berharap dapat menanamkan rasa cinta terhadap keunikan dan keragaman budaya nusantara khususnya kain batik ecoprint yang ada di kabupaten Banjarnegara sekaligus untuk lebih mengenalkan pada masyarakat luas,” tambahnya. (usw/rf)