Tutup Manasik, Berharap CJH dapat Melaksanakan Haji Secara Mandiri

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Selasa, (23/05/2023) Kepala Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Brebes yang dalam hal ini melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) menggelar kegiatan penutupan Manasik Haji Tingkat Kecamatan Brebes Tahun 1444 H/ 2023 M yang dilaksanakan di Aula MTsN 2 Brebes, (18-23/05/2023).

Hadir pada acara penutupan tersebut Kepala Kankemenag Brebes Dr. H. Fajarin, S.Ag, M.Pd. didampingi Kepala KUA Kec. Brebes, H. Fauzi selaku ketua pelaksana, beserta ASN KUA Kec. Brebes.

H. Fauzi selaku ketua panitia kegiatan manasik haji tingkat kecamatan Brebes Tahun 2023 dalam laporannya menyampaikan bahwa, total jumlah Calon Jamaah Haji (CJH) Kecamatan Brebes Tahun keberangkatan 2023 ini adalah 171 jama’ah, dan semuanya sudah melakukan pelunasan pada Bank penerima BPIH masing-masing.

“Alhamdulillah, berdasarkan informasi dari Kasi PHU Kantor Kemenag Kabupaten Brebes, seluruh CJH kita sudah menyerahkan bukti lembar lunas dari bank penerima BPIH masing-masing jamaah, dimana jamaah kita berjumlah 171 yang sudah melunasai BPIH,” ujarnya.

“Dan hari ini merupakan akhir dari seluruh rangkaian kegiatan manasik haji tingkat Kabupaten dan kecamatan, dimana seluruh kegiatan manasik haji di seluruh Zona kecamatan di kabupaten Brebes telah terlaksana dengan baik dan lancar,” bebernya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, H. Fajarin dalam arahannya sekaligus menutup seluruh rangkaian kegiatan manasik haji tingkat Kecamatan Tahun ini berharap kepada seluruh CJH untuk dapat menunaikan ibadah haji dengan benar sesuai tuntunan selama mengikuti manasik haji, dengan mengutamakan kemandirian, serta mampu menjaga niat, lisan dan perbuatan dari hal-hal yang dilarang.

“Tolong persiapkan bekal ilmu tetantang manasik, bekal iman dan taqwa serta dapat patuh terhadap para petugas yang memimpin dan membimbing para jemaah calon haji. Hal yang paling utama yang harus diketahui oleh Calon Jama’ah Haji (CJH) yaitu dapat menjalankan syarat rukun, wajib, sunah dan larangan saat melaksanakan ibadah haji,” tegasnya.

“Maka dari itu, sembari menutup kegiatan manasik haji Tahun 2023 ini, kami berpesan kepada CJH, selain menerapkan ilmu selama mengikuti manasik haji, diharapkan mampu untuk menjaga kesehatan agar dapat melasakan ibadah haji dengan baik dan khusyuk,” tutup H. Fajarin.(hid/Sua).