UHN IGB Sugriwa Denpasar Kunjungi Pura Agung Girinatha Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Rektor Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus (UHN IGB) Sugriwa Denpasar, I Gusti Ngurah Sudiana, bersama Ketua Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, M. Rikza Chamami, melaksanakan kunjungan di Pura Agung Girinatha yang berlokasi di Jalan Sumbing Nomor 12 Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang pada Rabu (3/8/2022).

Turut mendampingi Pembimas Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Tengah, Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Semarang, Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kota Semarang, PHDI Provinsi Jawa Tengah dan Pengurus Pura Agung Girinatha Kota Semarang.

Kedatangan rombongan diterima dengan baik oleh Ketua PHDI Kota Semarang, I Nengah Wirta, dilanjutkan memperkenalkan anggota pengurus Pura. “Selamat datang di Pura Agung Girinatha Kota Semarang,” tuturnya.

Lebih lanjut I Nengah Wirta menjelaskan jika Pura Agung Girinatha merupakan pura terbesar di Kota Semarang. “Secara resmi per 10 Oktober 1969 Pura Agung Girinatha menjadi pusat ibadah umat Hindu, dan pada 2017 Pura Agung Girinatha telah ditetapkan sebagai obyek wisata religi baik oleh Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo, maupun oleh Walikota Semarang Bapak Hendrar Prihadi,” terangnya.

Ia pun menerangkan jika Pura Agung Girinatha tidak hanya dipergunakan bagi umat Hindu etnis Bali, tetapi juka etnis Jawa, China, India, Jerman dan Jepang.

“Pura ini juga memiliki fasilitas untuk meditasi baik penghayat kepercayaan dan pengikut thao,” ujarnya. Ada spot-spot swafoto, sehingga dari pura bisa melihat keindahan wisata Kota Semarang dari ujung ke ujung,” ujarnya.

Lebih lanjut I Nengah Wirta menuturkan, pada pura juga terdapat pasar agung yang mampu menampung kegiatan perekonomian masyarakat sekitar, pentas seni nonkeagamaan Hindu untuk generasi muda yang merupakan wujud moderasi beragama.

Tanpa sungkan I Negah Wirta mengantar rombongan berkeliling pura, dari mulai Nistha Mandala, Madya Mandala, Bale Pesandekan, Balai Kertha Saba, Perpustakaan, Utama Mandala, Padmasana, hingga Bale Pawedan.

Kunjungan ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan Monitoring Bersama Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif Moderasi Beragama UIN Walisongo bersama UHN IGB Sugriwa Denpasar Tahun 2022.

Dalam kesempatan tersebut, I Gusti Ngurah Sudiana mengajak kepada pengurus Pura untuk bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan agama Hindu mulai dari jenjang paling bawah sampai perguruan tinggi agar mampu bersaing di era modern.(Eko/Yogo/NBA)