Upacara Hari Pahlawan, Momentum Bangkitkan Semangat Juang dan Pengorbanan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
KAB.PEKALONGAN,- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan Drs. H. Sukarno, MM bertindak sebagai Inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan di Halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Jl. Krakatau No. 7 Kajen, Kamis (10/11/2022).
Upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 dengan tema Pahlawanku Teladanku ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat eselelon IV, antara lain Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi PD Pontren, Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Kepala Seksi PHU, Kepala Seksi Bimas Islam, Penyelenggara Zakat Wakaf dan Penyelenggara Katolik serta di ikuti oleh seluruh pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan.
Upacara dimulai dengan pengibaran bendera merah putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu, Sukarno selaku inspektur upacara memimpin prosesi mengheningkan cipta. “Untuk mengenang jasa para Pahlawan Kusuma Bangsa, mengheningkan cipta dimulai, “kata Sukarno.
Upacara dilanjutkan dengan pembacaan teks pancasila, pembukaan UUD 1945 dan pembacaan kata kata mutiara pahlawan Indonesia oleh petugas, kemudian dilanjutkan dengan amanah/arahan dari Inspektur upacara. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan selaku Inspektur upacara dalam amanahnya membacakan teks sambutan Menteri Agama RI. “Hari ini tepatnya 10 November, Bangsa Indonesia memperingati sebuah peristiwa besar tonggak perjuangan kemerdekan Indonesia yakni Hari Pahlawan, tentu bukanya hanya sebuah peringatan, Hari Pahlawan adalah sebuah momen yang mengingatkan dan sekaligus membangkitkan jiwa pengorbanan kita sebagai bangsa Indonesia”
“Indonesia hari ini adalah bagian tak terpisahkan dari sejarah perjuangan kemerdekaan para pendahulu. Mereka adalah bapak bangsa yang telah mengajarkan arti penting keteguhan dan konsistensi mengabdi bagi nusa dan bangsa. Tak diragukan lagi, para pendiri bangsa adalah putra terbaik yang telah meletakkan dasar-dasar kebangsaan dan telah mengantarkan Indonesia tumbuh menjadi kekuatan dunia. Para pahlawan telah mengorbankan banyak hal, termasuk kehidupan pribadinya. Mereka bulat mengedepankan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi maupun golongan. Lihatlah, Indonesia yang rukun dan damai adalah buah dari komitmen kebangsaan yang begitu agung. Juga pembangunan yang begitu memukau mata, adalah buah dari komitmen kebangsaan dalam mewujudkan kesejahteraan seluruh bangsa Indonesia,” ujarnya.

“Hari Pahlawan yang kita peringati setiap tanggal 10 November kembali memanggil seluruh anak bangsa untuk bangun dari mimpi, menyingsingkan lengan tangan, menghapus keluh kesah menjadi semangat tanpa patah, untuk selanjutnya bersama-sama melanjutkan pembangunan. Siapapun kita, apapun profesinya, mari menjadi abdi negara yang baik, teguh dan memiliki visi yang tajam”

“Tugas kita hari ini tentu tidaklah ringan. Jalan panjang pembangunan nasional telah dibentangkan. Sementara tantangan pun tak kalah ringan, bahkan cenderung bervariatif dan penuh tantangan. Indonesia tahun ini menjadi tuan rumah pertemuan G20, ini adalah momentum untuk kembali menegaskan eksistensi Indonesia sebagai salah satu negara maju, yang siap menjadi leader bagi percaturan dunia. Kita adalah anak-anak bangsa yang seharusnya berada di garda terdepan membangun dan merawat Indonesia. Berikan yang terbaik untuk bangsa dan negara, saatnya kita memberi pengabdian untuk dapat dirasakan oleh para penerus kita di masa yang akan datang.”

“Bertepatan dengan hari pahlawan tahun 2022 ini, saya mengajak seluruh ASN Kementerian Agama, untuk terus memberi yang terbaik, melahirkan inovasi-inovasi yang akan mendorong pembangunan lebih kencang. Mari bertransformasi menjadi abdi negara yang amanah dan profesional, menempatkan Kementerian Agama sebagai rumah pengabdian. Jika para pahlawan dahulu mengorbankan nyawa demi perjuangan kemerdekaan, mari hari ini kita mengorbankan waktu dan fikiran untuk kemajuan bangsa. Mari kita Bersatu membangun Bangsa, berikan yang terbaik untuk bangsa dan agama”

Terakhir Sukarno menyampaikan apresiasinya atas suksesnya penyelenggaraan upacara hari pahlawan, “atas nama kepala kantor, saya mengapresiasi kepada semua pihak atas terselenggaranya upacara peringatan hari pahlawan yang berjalan lancar dan sukses, selamat kepada tim dua yang telah sukses menjalankan tugasnya. Kedua saya minta kepada bapak dan Ibu semua, ini akhir tahun ada dua momen yang perlu kita sukseskan kaitannya dengan kehadiran Presiden Jokowi di Jawa Tengah yaitu untuk peresmian masjid dan POSPENAS (Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren) di Surakarta yang rencananya akan dibuka oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo.”pungkasnya. (MTb/bd)