Upacara Pengibaran Bendera Memperingati HUT RI Ke-78 Kankemenag Kab. Temanggung

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung mengikuti Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Kamis (17/08).

Upacara diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) Kasubbag TU, Kasi, Penyelenggara, Pengawas, Penyuluh Agama, Pegawai dan para penerima Satya Lencana Karya Satya dengan mengenakan pakaian nasional adat daerah. Suasana keberagaman yang menggambarkan kebhinekaan Indonesia nampak dari aneka pakaian adat yang dikenakan oleh para peserta dan petugas upacara.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kasubbag TU, H. Agus Latif mewakili Kakankemenag yang bertugas sebagai pembaca Do’a di Alon-Alon Temanggung. Dalam amanatnya Agus Latif membacakan sambutan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Menag berpesan kepada ASN Kementerian Agama agar ikut bertanggung jawab dalam merawat harmoni dan kerukunan umat, ditengah perbedaan pilihan masyarakat di tahun politik 2024.

“Kementerian Agama harus berada pada garda terdepan dalam menguatkan semangat  toleransi dan koeksistensi untuk bisa hidup bersama dalam Bhinneka Tunggal Ika. Sebentar lagi kita akan menyongsong tahun politik. ASN Kementerian Agama harus mampu menjadi perekat di tengah perbedaan pilihan masyarakat. Jangan sampai beda pilihan menjadi sebab perpecahan dan mengoyak jalinan silaturahim, persaudaraan, dan persatuan anak bangsa,” pesan Menag dalam amanatnya yang dibacakan Agus Latif.

Diakhir sambutannya, Menag mengingatkan agar kita semua jangan sampai melupakan sejarah (jas merah). Diungkapkan, bahwa capaian yang telah diraih Indonesia saat ini, tentu tidak bisa dilepaskan dari peran para tokoh agama, ulama, tokoh masyarakat dan pemimpin budaya. “Peran para guru dan budayawan juga sangat besar dalam mengantarkan Indonesia pada kemajuan saat ini,” ujar Menag.

Dalam kesempatan yang sama penyematan Satya Lencana Karya Satya ikut mewarnai upacara bendera memperingati HUT RI ke-78. Disaksikan oleh seluruh peserta upacara Agus Latif  selaku inspektur  upacara menyematkan Satya Lencana Karya Satya 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun kepada ASN Kemenag baik Guru, Penghulu, Penyuluh dan Pegawai yang berjumlah 56 orang.(sr/rf)