Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Di Alun-alun Kajen

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, KAJEN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan menggelar upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dan pengibaran bendera merah putih di Alun-alun Kajen Kabupaten Pekalongan pada Kamis (17/08/2023).

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq bertindak selaku Inspektur Upacara. Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hj. Hindun bertindak sebagai pembaca Undang-Undang Dasar 1945 dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan bertindak sebagai Pembaca Do’a

Hadir Wakil Bupati Pekalongan Riswadi, Jajaran Forkopimda Kabupaten Pekalongan, Sekretaris Daerah (Sekda) beserta seluruh pejabat dan ASN di Lingkungan Pemkab Pekalongan dan Instansi Vertikal. Selain itu, turut hadir perwakilan dari Unsur Polri, Unsur TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, PGRI, mahasiswa, pelajar, perangkat desa, serta unsur organisasi masyarakat. Meskipun cuaca panas, upacara berlangsung dengan khidmat.

Bupati Fadia membacakan sambutan tertulis dari Gubernur Jawa Tengah yang isinya menggarisbawahi bahwa kemerdekaan bukan hanya sekadar pembebasan dari penjajahan, akan tetapi melibatkan persatuan, kebersamaan, kemakmuran, dan penghormatan terhadap sesama warga dunia.

Lebih lanjut, Gubernur juga menyampaikan bahwa untuk mewujudkan impian tersebut memerlukan kerja keras dan doa dari berbagai pihak. Oleh karenanya dalam sambutannya, ia berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat seperti petani, buruh pabrik, guru, tokoh agama, nelayan, pengusaha, karyawan, pekerja profesional, PNS, dan pejabat pemerintahan atas kontribusinya dalam mewujudkan visi tersebut.

Usai upacara, Pemkab Pekalongan memberikan penghargaan berupa tali asih kepada 30 orang veteran pejuang kemerdekaan dari Kabupaten Pekalongan sebagai bentuk penghormatan. Penyerahan tali asih dilakukan secara simbolis oleh Bupati Fadia Arafiq.

Terakhir sebagai informasi, bahwa, upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI Ke-78 dan pengibaran bendera merah putih di Alun-alun Kajen pagi itu, merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari HUT RI ke-78 yang diadakan oleh Pemkab Pekalongan.

Sebelumnya, Pemkab Pekalongan juga telah menggelar sejumlah acara seperti pengukuhan Paskibraka, malam apel kehormatan, dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Bhakti Wiratama.

Selanjutnya, pada sore hari nanti Kamis (17/08/2023), juga akan diadakan upacara penurunan bendera merah putih, dan malam harinya diadakan acara malam resepsi HUT RI Ke-78 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Pekalongan. (Prokompim/MTb/bd)